Kualitas Cabai Paprika Tembus Pasar Ekspor Mancanegara

Kualitas Cabai Paprika Tembus Pasar Ekspor Mancanegara
Cabai Paprika, Bandung, Jawa Barat ( Foto: Badan Karantina Pertanian )
Winda Ayu Larasati / WIN Jumat, 22 Maret 2019 | 11:53 WIB

Bandung, Beritasatu.com - Upaya pemerintah dalam meningkatkan produktivitas pertanian dalam negeri khususnya produk hortikultura semakin berkembang seiring peran pemerintah lewat sejumlah bantuan serta meningkatnya produktivitas para petani.

Salah satu produk pertanian dengan kualitas ekspor yakni jenis cabai paprika yang banyak ditanam di Provinsi Jawa Barat diakui sejumlah negara yang memiliki mutu sangat baik.

Hal itu dibuktikan dengan diekspornya produk pertanian jenis cabai dan paprika ke Singapura sebanyaj 84 ton. Pelepasan ekspor secara simbolis dilakukan oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Kantor Bupati Bandung Barat, Kamis (21/3/2019).

Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian Suwandi mengatakan permintaan ekspor terhadap produk paprika Indonesia sangat tinggi. Terakhir Indonesia bisa mengekspor 7.900 ton paprika per tahun.

Selain paprika, produk pertanian seperti sayuran juga banyak diminati negara lain, karena ada beberapa produk pertanian Indonesia sangat khas Indonesia dan diminati pasar luar negeri.

Meski tidak semua produk pertanian berorientasi ekspor produk lokal petani juga banyak diserap untuk kebutuhan nasional hingga bisa menekan angka impor.

Suwandi juga menambahkan berbagai jenis sayuran, tanaman hias dan buah di Bandung Barat sangat melimpah. Pengelolaannya juga sudah maju yakni menggunakan green house, screen house, ranch shelter dan komoditas khusus untuk memenuhi supermarket dan ekspor.

Selain itu, ada teknologi komputerisasi untuk proses usaha tani dan mengontrol pertanaman.



Sumber: BeritaSatu TV