AP II Kucurkan Rp 434 M Kembangkan Bandara Fatmawati

AP II Kucurkan Rp 434 M Kembangkan Bandara Fatmawati
Bandara Fatmawati Bengkulu. ( Foto: Hanebee / Hanebee )
/ WBP Minggu, 24 Maret 2019 | 19:39 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - PT Angkasa Pura II (Persero) mengucurkan dana Rp 434 miliar untuk proyek Bandara Fatmawati Soekarno di Bengkulu guna pengembangan fasilitas terminal, memperpanjang landasan pacu pesawat, serta perluasan apron pesawat yang saat ini hanya dapat mengakomodir enam parking stand.

“Kami siap mewujudkan komitmen yang sudah dibuat oleh Menteri Perhubungan untuk mengembangkan Bandara Fatmawati,” kata Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaludin di Bengkulu, Minggu (24/3/2019).

Saat kunjungan kerja di Bandara Fatmawati Bengkulu, Muhammad Awaludin mengatakan, pengembangan Bandara Fatmawati Soekarno akan menunjang pengembangan aksesbilitas dan konektivitas Provinsi Bengkulu.

Menurut Muhammad Awaludin, laju pergerakan penumpang di Bandara Fatmawati Soekarno mencapai 1.068.450 penumpang pada 2018 atau telah melebihi kapasitas terminal eksisting yang hanya 500.000 penumpang per tahun.

Selain itu, pergerakan pesawat mencapai 9.751 pesawat per tahun dan pergerakan kargo sebanyak 4.132 ton yang menunjukkan prospek yang cukup baik.

Untuk menunjang sejumlah pengembangan tersebut, bandara membutuhkan tambahan lahan untuk memenuhi kebutuhan fasilitas bandara dengan memperluas lahan dari sebelumnya 197 hektare menjadi 265 hektare.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan Bengkulu merupakan daerah strategis di sisi barat Samudra Hindia sehingga pengembangan bandara menjadi penting. “Percepatan pengoperasian bandara otomatis berdampak pada pertumbuhan ekonomi regional," kata Rohidin Mersyah.

 



Sumber: ANTARA