Logo BeritaSatu

Dorong Perkembangan Startup, Grab Luncurkan Thinkubator

Kamis, 28 Maret 2019 | 15:48 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Grab meluncurkan kompetisi startup Thinkubator, untuk mendorong perkembangan dan pertumbuhan startup di dalam negeri. Indonesia menjadi negara pertama tempat dilaksanakannya Thinkubator, dan akan dibawa ke lebih banyak negara di Asia Tenggara.

President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, memaparkan, Thinkubator merupakan hasil kerja sama antara Grab dengan lima kementerian dan lembaga, antara lain Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemko Maritim), Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

"Program Thinkubator menjadi bukti kolaborasi kuat kami dengan pemerintah Indonesia untuk mendorong perkembangan dan pertumbuhan startup teknologi di Indonesia. Kami sangat senang dapat melihat banyak startup yang membawa misi sosial, yang sejalan dengan perjalanan Grab di Indonesia untuk juga membantu berbagai isu sosial. Kami juga berharap dapat menemukan startup Indonesia selanjutnya yang akan menyandang status decacorn," kata Ridzki Kramadibrata, di acara peluncuran Thinkubator, di Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Dijelaskan Ridzki, sebanyak 1.165 startup telah mendaftar dalam program ini dengan tim yang tidak hanya berasal dari kota-kota besar, namun juga dari wilayah Indonesia Timur dan berbagai provinsi lainnya. Startup yang mendaftar tersebut berasal dari kategori e-Commerce, logistik, transportasi, pertanian, pendidikan, kesehatan, dan lainnya.

Dari jumlah tersebut, 150 startup telah terpilih dan telah bergabung dalam kegiatan konferensi, termasuk kegiatan workshop dan sesi networking. Dari 150 finalis, nantinya akan dipilih enam finalis untuk pitching ide bisnis mereka di depan panel profesional seperti Co-Founder Tokopedia William Tanuwijaya, Direktur Eksekutif KSEI Friderica Widyasari Dewi, dan Ketua CT Corp Chairul Tanjung.

Babak final Thinkubator akan berlangsung Jumat (29/3/2019) malam. Para pemenang dari kompetisi ini nantinya akan mendapatkan pendanaan dengan total Rp 3 miliar.

"Thinkubator dikhususkan untuk startup pemula. Kriteria yang dijadikan penilaian mulai dari kreativitas, impact sosial kepada masyarakat, dan juga potensinya untuk berkembang," terang Ridzki.

Co-founder Grab, Hooi Ling Tan, menambahkan, melalui Thinkubator, Grab ingin membangun sebuah platform yang terbuka dan inklusif untuk menemukan serta mengembangkan berbagai ide terbaik dari Indonesia.

"Sebagian besar kesuksesan Grab merupakan hasil dari berbagai pihak yang mendukung kami, sehingga ini merupakan saatnya bagi kami untuk berkontribusi kembali melalui kerja sama dengan pemerintah Indonesia dalam pencarian kisah sukses startup berikutnya di Asia Tenggara," kata Hooi Ling Tan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim), Luhut B Pandjaitan, menambahkan, Thinkubator merupakan wadah yang tepat bagi anak-anak muda Indonesia untuk maju dan membuat perubahan yang nyata bagi Indonesia.

"Kami terus berfokus untuk membangun sumber daya manusia untuk berkompetisi secara aktif di era Industri 4.0 ini. Bakat yang ditingkatkan dapat membantu membuat revolusi industri seperti di transportasi, perikanan dan pariwisata. Kami melihat Thinkubator sebagai model sinergi yang kuat antara pemerintah dan pihak swasta seperti Grab untuk memberikan wadah bagi putra-putri Indonesia yang berbakat untuk maju dan membuat perubahan yang nyata," kata Luhut Pandjaitan.

Lihat video:



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemangkasan Biaya Aplikasi Bisa Ganggu Ekosistem Ojol

Ekonom Unair, Rumayya Batubara menilai, pemotongan biaya aplikasi memiliki dampak luas, mulai dari perusahaan aplikator, mitra driver, dan ekosistem ojol.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Kolaborasi MIND ID dengan Korporasi Inggris, Upaya Erick Diapresiasi

Upaya Erick Thohir melakukan kolaborasi antara MIND ID dengan korporasi asal Inggris Arrival Ltd diapresiasi penuh.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Manfaatkan Internet, UMKM Desa Sukarara Tembus Pasar Ekspor

Bakti, Kemenkominfo aktif melakukan pelatihan digital pada pelaku usaha, termasuk UMKM untuk meningkatkan penjualan.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Ada 1.500 Server, IDcloudHost Siapkan Infrastruktur Web3

IDCloudHost mengambil peran aktif dalam pengembangan digital ekonomi Indonesia menuju tahun 2030.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

IHSG Bertambah 50,1 Poin ke level 7.122 pada Jeda Siang

Volume perdagangan IHSG hingga sesi siang ini tercatat sebanyak 157,1 miliar saham senilai Rp 7,1 triliun.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Jokowi: Krisis Global Diperparah Perang Rusia vs Ukraina

Jokowi menyatakan, perang Rusia vs Ukraina telah memperparah krisis global, yang ditandai dengan kenaikan harga pangan, energi, dan finansial.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Gandeng Akulaku, XL Axiata Genjot Penjualan dari Aplikasi

Akulaku PayLater tersedia sebagai opsi metode pembayaran yang dapat diakses bagi pengguna telekomunikasi seluler XL Axiata melalui aplikasi myXL.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Awali Perdagangan, IHSG Meroket Capai Kembali ke 7.100-an

Pukul 09.18 WIB, IHSG naik 84,2 poin (1,24%) menjadi 7.110 dan Investor33 naik menjadi ke 500,1.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

IHSG Berpeluang Menguat, Simak Rekomendasi Saham Pilihan

Level resistance IHSG pada perdagangan hari ini di level 7.101, 7.149, 7.178, 7.256 dengan support di level 7.049, 7.000, 6.968, 6.925.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Harga Emas Naik karena Penurunan Imbal Hasil dan Dolar

Harga emas di pasar spot menguat 1,57% menjadi US$ 1.725,87 per ons, tertinggi sejak 13 September.

EKONOMI | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hillary Lasut Pastikan Tidak Akan Cabut Laporan terhadap Komika Mamat Alkatiri

Hillary Lasut Pastikan Tidak Akan Cabut Laporan terhadap Komika Mamat Alkatiri

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings