Unilever Siapkan Belanja Modal Rp 1,1 Triliun

Unilever Siapkan Belanja Modal Rp 1,1 Triliun
Direktur Governance & Corporate Affairs Unilever Indonesia, Sancoyo Antarikso. ( Foto: Beritasatu Photo / Herman )
Herman / FER Kamis, 4 April 2019 | 17:19 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Unilever Indonesia Tbk menyiapkan anggaran belanja modal atau capital expanditure (capex) sekitar Rp 1,1 triliun di tahun 2019 ini. Nilai tersebut, tidak jauh berbeda dengan capex yang digelontorkan Unilever di 2018.

Direktur Governance & Corporate Affairs Unilever Indonesia, Sancoyo Antarikso, menyampaikan, belanja modal ini mayoritas akan digunakan untuk memperbesar kapasitas mesin produksi di pabrik Unilever yang saat ini sudah berdiri.

"Penggunannya lebih kepada penambahan kapasitas di pabrik, penambahan alat-alat distribusi seperti es krim cabinet, dan juga program atau investasi yang berhubungan dengan sustainability dan cost effectiveness," kata Sancoyo Antarikso, di Jakarta, Kamis (4/4/2019).

Sancoyo menambahkan, anggaran belanja modal tersebut sebetulnya sangat bergantung pada kebutuhan. "Bila utilisasi di pabrik sudah mencapai di atas 80 persen, biasanya akan kami naikkan untuk memenuhi demand. Tapi besaran belanja modal biasanya 2,6 persen dari total penjualan," tambah Sancoyo.

Terkait fokus investasi di es krim cabinet, Sancoyo mengatakan hal ini juga sejalan dengan kebutuhan pasar terhadap es krim yang meningkat. Pasca meluncurkan es krim Seru yang merupakan 'adik' dari Wall's, kapasitas produksi untuk es krim meningkat pesat.

Unilever juga berencana meluncurkan brand baru untuk kategori beauty personal care. Sedangkan untuk kategori makanan, Sancoyo belum bersedia memberikan bocoran. Tahun lalu, saus sambal Jawara menjadi produk terbaru Unilever setelah sebelumnya melepas brand Blue Band ke perusahaan ekuitas swasta asal Amerika Serikat, KKR.

"Untuk produk baru, tentunya akan kita sesuaikan dengan kebutuhan pasar Indonesia. Karena tidak semua produk Unilever yang ada di global cocok untuk pasar Indonesia," ujar Sancoyo.



Sumber: BeritaSatu.com