BNI Berdayakan Warga Wanurejo Magelang Lewat Balkondes

BNI Berdayakan Warga Wanurejo Magelang Lewat Balkondes
Balkondes Wanurejo, Magelang, Jateng binaan BNI. ( Foto: Beritasatu Photo / Whisnu Bagus )
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Senin, 8 April 2019 | 18:37 WIB

Magelang - Candi Borobudur yang dibangun pada abad ke-8 di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menjadi magnet bagi wisatawan mancanegara dan domestik. Keberadaannya mampu menggerakkan ekonomi warga di sekitar candi Buddha terbesar di dunia tersebut.

Salah satunya warga desa wisata Wanurejo yang terletak di sebelah tenggara kompleks wisata Candi Borobudur. Wanurejo merupakan salah satu desa wisata yang menjadi pintu gerbang masuk ke kawasan Borobudur. Terletak di antara kaki pegunungan Menoreh dan diapit sungai Progo dan sungai Sileng, Wanurejo yang tergolong desa tertua di sekitar Borobudur, memiliki lanskap alam yang menakjubkan.

Untuk lebih meningkatkan pendapatan penduduk, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) mendorong warga Desa Wanurejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng) melalui Balai Ekonomi Desa (Balkondes). Melalui balkondes yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMdes), masyarakat menyuguhkan beragam atraksi budaya dan penginapan yang menyatu dengan alam.

Pjs VP Corporate Communication BNI Selly Adriatika mengatakan, Balkondes Wanurejo yang didirikan oleh BNI saat ini dilengkapi dengan 20 kamar homestay yang didesain asli pedesaan, namun dengan tingkat kenyamanan hotel bintang. "Pondok ini juga memiliki ruang rapat berbentuk gazebo, restoran, outbound area, hingga embung untuk pengairan sawah," kata Selly Adriatika, Senin (8/4/2019)

Selain membangun kamar dalam pondokan, balkondes juga menyediakan ruang yang digunakan untuk kegiatan ekonomi serta budaya. Pegiat seni dan budaya diberi ruang dan waktu untuk menampilkan gamelan, musik, dan tari-tarian

Selly Adriatika mengungkapkan, sejumlah fasilitas yang dibangun BNI tersebut diharapkan dapat meningkatkan pendapatan BUMNdes Wanurejo sebagai pengelola balkondes. "Saat ini pendapatan Balkondes Wanurejo mencapai Rp 90 juta per bulan," kata Selly Adriatika.

Selly Adriatika mengatakan, tujuan BNI melengkapi fasilitas homestay di Balkondes Wanurejo dalam rangka mengembangkan pariwisata sekaligus turut meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) setempat. "Balkondes juga diharapkan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi, sosial, budaya, dan pariwisata," kata dia.



Sumber: BeritaSatu.com