Menhub Janji Penerbangan ke Lubuklinggau Sumsel Ditambah

Menhub Janji Penerbangan ke Lubuklinggau Sumsel Ditambah
Budi Karya Sumadi. ( Foto: Antara )
Thresa Sandra Desfika / WBP Selasa, 9 April 2019 | 15:20 WIB

Lubuklinggau, Beritasatu.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berkomitmen mendorong maskapai menambah penerbangan ke Bandara Silampari, Lubuklinggau, Sumatera Selatan (Sumsel).

Hal tersebut disampaikan Menhub setelah adanya permintaan Gubernur Sumsel Herman Deru di sela peresmian operasional terminal baru dan fasiltas garbarata Bandara Silampari, Lubuklinggau, Selasa (9/4/2019). Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono. "Nanti di Jakarta akan saya bicarakan dengan Citilink (untuk membuka penerbangan ke Bandara Silampari). Insyaallah akan ditambah nanti," kata Budi Karya Sumadi.

Saat ini, Budi Karya Sumadi, Bandara Silampari sudah melayani maskapai Batik Air menggunakan Airbus A-320 dan NAM Air dengan pesawat Boeing 737-500 yang melayani rute penerbangan Jakarta-Lubuklinggau (PP) satu kali sehari. Sementara Wings Air dengan jenis pesawat ATR 72-600 melayani rute Palembang-Lubuklinggau (PP) satu kali sehari.

Budi Karya Sumadi menambahkan, pemerintah ingin memastikan fungsi Bandara Silampari dapat berjalan optimal guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Lubuklinggau. "Kami ingin turis di Jakarta selain ke Palembang juga ke Lubuklinggau karena banyak potensi di sini. Nanti kalau pariwisata menjadi sebuah pendapatan, maka kota ini bertambah hidup," terang Budi Karya Sumadi.

Di tempat yang sama, Herman Deru mengungkapkan, kebutuhan masyarakat Lubuklinggau atas transportasi udara kian meningkat. Oleh sebab itu, diperlukan penambahan jumlah penerbangan di Bandara Silampari untuk menyerap kebutuhan tersebut.

"Secara khusus kami rasakan langsung, maka saya minta langsung ke Pak Menhub agar ditambah flight atau maskapai lain juga tidak masalah yang penting flight ditambah karena ternyata naik pesawat bukan barang mewah, tapi kebutuhan buat masyarakat," tutur Herman Deru.

Herman Deru mengucapkan rasa terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kementerian Perhubungan (Kemhub) yang telah mengembangkan Bandara Silampari menjadi bandara yang tak kalah dengan bandara internasional, seperti Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, Sumsel.

Lebih jauh, Herman Deru mengharapkan, Bandara Silampari bisa menjadi embarkasi haji untuk masyarakat Lubuklinggau dan Bengkulu. "Nanti kalau runway-nya sudah ditingkatkan, saya ingin bandara ini menjadi embarkasi untuk dua provinsi, yaitu di sini (Lubuklinggau, Sumsel) dan Bengkulu.

Sebelumnya pada 8 Maret 2019, penandatanganan prasasti yang menandai telah diresmikannya terminal baru Bandara Silampari telah dilakukan oleh Presiden Jokowi bersamaan dengan diresmikannya terminal Bandara Radin Inten II, Lampung.

Terminal baru Bandara Silampari mempunyai luas area 5.400 m2 yang berdiri di atas lahan seluas 80 hektare. Terminal ini siap menampung penumpang hingga 300.000 penumpang per tahun atau 386 penumpang per jam sibuk.



Sumber: BeritaSatu.com