Utilisasi Pabrik Bridgestone Sentuh 100%

Utilisasi Pabrik Bridgestone Sentuh 100%
Jajaran direksi PT Bridgestone Tire Indonesia berpose di booth Tomo Bridgestone di pameran GIIAS 2016, Jumat (12/8) ( Foto: Istimewa )
Harso Kurniawan / HK Selasa, 9 April 2019 | 21:07 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Pemanfaatan kapasitas produksi terpasang dua pabrik PT Bridgestone Tire Indonesia (BTI) saat ini menyentuh 100%, seiring kuatnya penjualan domestik. Meski begitu, BTI hingga kini belum berniat menambah kapasitas terpasang.

“Kami akan memangkas volume ekspor, jika permintaan domestik melonjak,” ujar Direktur Pemasaran BTI Yuichi Asaoka di Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Saat ini, BTI memiliki pabrik di Bekasi, Jawa Barat, yang memproduksi ban bias, ban dalam, dan flap dengan kapasitas produksi 14 ribu unit ban per hari. Jumlah karyawan pabrik ini mencapai 1.759. BTI juga memiliki pabrik di Karawang, Jawa Barat, yang memproduksi ban radial mobil penumpang untuk pasar ekspor dan domestik berkapasitas 27.500 unit per hari. Jumlah karyawan di pabrik ini mencapai 1.656 orang.

Sementara itu, dia menuturkan, biaya produksi ban tidak turun, kendati dolar melemah menjadi sekitar Rp 14 ribu dan harga karet turun. Sebab, biaya buruh dan energi meningkat.

Menyikapi hal ini, dia memastikan, BTI tak akan mengerek harga jual ban. Alasannya, persaingan di pasar ban sangat ketat. Sebagai solusi, BTI akan menggenjot produktivitas.

Presiden Direktur BTI Akihito Ishii menyatakan, pencapaian penjualan Bridgestone sepanjang 2018 cukup positif. BTI bisa mempertahankan pangsa pasar di segmen pemasok resmi (original equipment manufacturer/OEM) serta di pasar ban pengganti mobil penumpang. Bahkan, dia menegaskan, hasil positif juga terjadi di segmen kendaraan niaga. Pangsa pasar merek ban asal Jepang itu dominan di segmen OEM dan pengganti. "Kami selalu berusaha untuk menyediakan produk dan layanan terbaik bagi konsumen di Indonesia, sesuai dengan filosofi perusahaan kami," ujar Ishii.

Ishii melanjutkan, tahun ini, BTI menargetkan menjadi pilihan utama dari para konsumen di Indonesia. Bahkan, awal 2019, Bridgestone sudah dipercaya sebagai ban OEM untuk All New Toyota Camry, New Toyota Avanza, dan New Daihatsu Xenia."Di kendaraan niaga, saat ini, kami dalam tahap finalisasi sebagai pemasok ban OEM salah satu pabrikan truk terbesar di Indonesia," kata dia.

Juli 2019, dia menuturkan, BTI akan berpartisipasi di salah satu pameran otomotif terbesar di Indonesia, GIIAS 2019. Di pameran ini, BTI akan bakal meluncurkan satu produk baru di segmen sport kelas premium.



Sumber: Investor Daily