BPK Berbagi Pengalaman dengan NAA Kamboja

BPK Berbagi Pengalaman dengan NAA Kamboja
Pertemuan BPK dengan NAA Kamboja. ( Foto: Istimewa )
Anselmus Bata / AB Selasa, 9 April 2019 | 14:16 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Bertempat di kantor pusat National Audit Authority (NAA) of Cambodia di Phnom Penh, Kamboja, Senin (8/4/2019), Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara didampingi Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif melakukan high level meeting dan courtesy call dengan Auditor General of NAA, Som Kim Suor. Dalam keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com, Selasa (9/4/2019), disebutkan kunjungan ini merupakan implementasi kerja sama bilateral antara BPK dan NAA Kamboja yang telah berlangsung sejak penandatanganan MoU di Johannesburg, Afrika Selatan, pada 2010.

Hadir dalam acara high level meeting tersebut Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Kamboja, Sudirman Haseng, didampingi Minister Counsellor Jahardi F Nadeak dan Sekretaris II Hermawan Janu Wibowo, serta Secretary General of NAA Cambodia Long Athibora, didampingi Director of Audit Department I, Oum Somadet, Director of Audit Department II, Ney Sokea, Director of Audit Department III, Hauv Dara, dan Director of Finance and Administration, Por Bun.

Dalam acara tersebut Som Kim Suor memberikan apresiasi yang tinggi atas kontribusi BPK yang besar dalam pengembangan kapasitas sumber daya manusia NAA, khususnya dalam pengembangan pemeriksaan kinerja, manajemen training dan infrastruktur, serta mendorong agar kerja sama yang telah terjalin dengan baik dapat terus ditingkatkan dan berharap BPK terus menjadi partner bagi pengembangan institutional capacity NAA.

Setelah high level meeting, acara dilanjutkan dengan knowledge sharing yang dihadiri 35 pejabat dan auditor senior di lingkungan NAA Kamboja. Acara dibuka oleh sekretaris jenderal NAA dan dilanjutkan dengan sambutan dari Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif, yang dilanjutkan dengan pembahasan atas dua topik, yaitu "BPK’s Performance Audit Guidelines" yang dipaparkan oleh Kepala Seksi Litbang Pemeriksaan Kinerja I, Nico Andrianto dan "BPK’s Training Management" yang dipaparkan oleh Kepala Badan Diklat Pemeriksaan Keuangan Negara BPK, Hery Subowo.

Dalam kunjungan ke NAA, Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara, selain didampingi oleh Sekretaris Jenderal, Bahtiar Arif, juga didampingi oleh Kepala Bagian Sekretariat Ketua, Firdaus Amyar dan difasilitasi oleh Sub-Bagian Kerja Sama Bilateral Biro Humas dan Kerja Sama Internasional, Tri Wahyu Bangun Astuti.



Sumber: BeritaSatu.com