The Fed Proyeksi Suku Bunga Tahun Ini Tidak Berubah

The Fed Proyeksi Suku Bunga Tahun Ini Tidak Berubah
Ilustrasi dolar AS. ( Foto: Antara )
/ WBP Kamis, 11 April 2019 | 10:32 WIB

Washington, Beritasatu.com - Bank sentral Amerika Serikat Federal Reserve (the Fed) kemungkinan akan membiarkan suku bunga tidak berubah pada tahun ini, mengingat sejumlah risiko ekonomi AS dari perlambatan global serta ketidakpastian kebijakan perdagangan dan kondisi keuangan. Hal itu merupakan hasil risalah pertemuan kebijakan 19-20 Maret 2019.

Dalam pertemuan itu, The Fed menahan suku bunga acuannya di kisaran 2,25 persen-2,5 persen.

Bank sentral AS berputar secara tiba-tiba pada pertemuan itu ke posisi yang jauh kurang agresif. Risalah yang dirilis pada Rabu (10/4/2019) menunjukkan para pembuat kebijakan setuju untuk "bersabar" atau dovish untuk mengambil langkah apa pun terhadap suku bunga.

"Mayoritas peserta berharap bahwa evolusi prospek ekonomi dan risiko terhadap prospek kemungkinan akan menjamin mempertahankan kisaran target (suku bunga) tidak berubah untuk sisa tahun ini," menurut risalah.

Para gubernur bank sentral AS juga memperdebatkan kemungkinan langkah kebijakan yang dapat dilakukan setelah mengakhiri program pengurangan neraca pada September, beberapa menganjurkan pembelian sekuritas surat utang negara AS pada saat itu.

Reaksi pasar keuangan terhadap rilis risalah pertemuan kebijakan Maret sebagian besar redup. Saham-saham AS sedikit berubah dan imbal hasil (yield) surat utang negara bergerak naik dari level terendah.



Sumber: Xinhua, Antara