Menhub Dukung Usulan Holding Penerbangan

Menhub Dukung Usulan Holding Penerbangan
Pesawat Garuda Indonesia disambut siraman air menggunakan water cannon saat tiba di Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, Jawa Timur, 8 September 2017. ( Foto: Antara/Budi Candra Setya )
Thresa Sandra Desfika / FER Kamis, 11 April 2019 | 17:34 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, akan mengkaji rencana pembentukan holding penerbangan yang diusulkan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pada tahap awal, holding penerbangan yang diusulkan terdiri atas PT Garuda Indonesia, PT Angkasa Pura (AP) I dan II, serta PT Survai Udara Penas.

Baca Juga: Menhub Yakin Bandara Kertajati Untung 5 Tahun Lagi

"Saya sudah baca (usulan holding penerbangan, red) tetapi belum kami rapatkan karena saya biasanya akan saya bahas. Karena itu, saya akan bahas tentang itu dan saya akan minta pendapat dari jajaran," ujar Menhub di Jakarta, Kamis (11/4/2019).

Menurut Menhub, di satu sisi pihaknya mendukung rencana pembentukan holding. Namun, di sisi lain, perlu dipertimbangkan pula secara menyeluruh rencana tersebut.

"Prinsipnya saya dukung tapi nanti saya akan liat detail-detailnya dan saya akan menyampaikan catatan-catatan apabila digabung apa-apa saja catatannya bila ada," imbuh Menhub.

Baca Juga: Kemhub Siap Kelola Bandara di Pagar Alam

Sebelumnya, Menteri BUMN, Rini Soemarno menyebut, pihaknya tengah mengkaji rencana pembentukan perusahaan holding BUMN penerbangan yang akan menaungi AP I, AP II, Garuda Indonesia.

"Sedang kita analisis, sekarang kita mau buat perusahaan holding yang membawahi AP I dan AP II maupun perusahaan transportasi yang lain," ujar Rini di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, akhir pekan lalu.



Sumber: BeritaSatu.com