Jokowi Optimistis pada Kemampuan BUMN

Jokowi Optimistis pada Kemampuan BUMN
Ilustrasi Pertamina ( Foto: Istimewa )
Yustinus Paat / WBP Minggu, 14 April 2019 | 06:48 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) optimistis dengan kemampuan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mengelola sumber daya alam (SDA) secara profesional dan berdaya saing. Terbukti, PT Pertamina bisa mengambil alih pengelolaan migas Blok Rokan dan Mahakam.

"Kita tahu perusahaan-perusahaan besar yang mengelola Blok Rokan dan Mahakam sudah diambil Pertamina,” kata Jokowi di acara debat Pilpres kelima, di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Sabtu (13/4/2019) malam.

Tak hanya itu, kata Jokowi, PT Inalum juga berhasil mengambil alih PT Freeport dengan mayoritas 51,2 persen saham. Menurut Jokowi, hal tersebut menunjukkan BUMN bisa dipercaya. "Ini menunjukkan BUMN kita mampu melakukan akuisisi seperti itu," tandas Jokowi.

Jokowi menekankan optimisme bahwa BUMN bisa bekerja dengan baik dan profesional termasuk mengelola sumber daya alam Indonesia. Menurut dia, optimisme tersebut akan mendorong Indonesia menjadi negara maju.

"Kalau kita masih ragu bagaimana memiliki kemampuan mengelola blok-blok besar yang tentu saja memberikan uang besar. Kalau kita selalu memandang segala sesuatu yang optimistis ada negara maju," ungkap Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi mengaku dirinya tidak mau membuka masa lalu sejumlah BUMN yang mengalami salah kelola. Jokowi lebih memilih mencari solusi dibanding menyalahkan.

“Saya nggak mau buka masalah-masalah BUMN. Saya nggak mau salahkan mereka, tapi cari solusi. Kalau ada masalah itu tugas kita sebagai pemimpin bagaimana menyelesaikan masalah,” pungkas Jokowi.



Sumber: BeritaSatu.com