Menhub Jelaskan Kondisi Terkini Industri Penerbangan

Menhub Jelaskan Kondisi Terkini Industri Penerbangan
Ilustrasi penumpang pesawat. ( Foto: Antara )
Thresa Sandra Desfika / FER Minggu, 14 April 2019 | 17:15 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, menjelaskan kondisi industri jasa penerbangan saat ini.

Menurut Budi Karya, tiket pesawat yang cenderung mahal sekarang ini merupakan dampak perang harga karena persaingan yang ketat dalam beberapa tahun belakangan ini.

"Saya katakan tidak morat-marit. Kesan morat- marit industri penerbangan itu karena sangat kompetitif, persaingannya sangat ketat. Coba bayangkan seluruh dunia ini setiap negara memiliki airline, Singapura punya, Thailand punya, Myanmar punya, dan semua ingin eksis," kata Budi Karya di Jakarta, Minggu (14/4/2019).

Budi Karya menambahkan, saat semua maskapai bertahan untuk eksis, di sisi lain jumlah penumpang sedikit tidak sesuai perkiraan. Maka munculah perang harga antar maskapai. Karena adanya perang harga, maka muncul risiko kerugian karena biaya yang ditanggung lebih tinggi ketimbang pendapatan.

"Oleh karenanya, terjadilah terakhir ini harga tiket yang mahal agar penerbangan ini tetap eksis. Caranya adalah maskapai mencoba meraih uang sebanyak mungkin supaya bisa masuk menutupi biaya dan untung," sebut Budi Karya.



Sumber: BeritaSatu.com