Kemhub Targetkan 160.000 Peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat

Kemhub Targetkan 160.000 Peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat
Budi Karya Sumadi. ( Foto: Antara )
Thresa Sandra Desfika / FER Minggu, 14 April 2019 | 18:06 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Perhubungan (Kemhub) menargetkan 160.000 peserta mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) pemberdayaan masyarakat di sektor perhubungan pada tahun ini.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, menjelaskan, dirinya mendapatkan tugas dari Presiden Joko Widodo untuk fokus mengembangkan sumber daya manusia (SDM) pada tahun ini. Oleh karenanya, Budi menugaskan lebih dari 10 sekolah di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan untuk memberdayakan masyarakat melalui diklat.

"Masyarakat akan diajari kompetensi berkaitan laut, udara, darat, dan perkeretaapian terutama perihal dengan keselamatan. Karena, keselamatan adalah satu syarat bagaimana kita menyelenggarakan transportasi, dan apabila mereka sanggup menyelesaikan pelatihan ini mereka dapat sertifikat," jelas Budi Karya dalam acara pembukaan diklat pemberdayaan masyarakat di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), Jakarta, Minggu (14/4/2019).

Budi Karya menambahkan, 5 lulusan terbaik dalam diklat di STIP akan diberikan kesempatan untuk bekerja di kapal. Lebih jauh, bulan depan, Kemhub akan menggelar diklat bagi masyarakat yang berminat untuk menjadi pengemudi angkutan umum.

"Ini upaya kita memberikan pembelajaran dan tahun ini 160.000 orang akan kami tingkatkan kemampuannya. Bayangkan kalau 160.000 orang itu bekerja, dia bisa menghidupi beberapa keluarganya, maka sekitar 1 juta sampai 2 juta orang bisa diberikan penghidupan," sebut Budi Karya.

"Ini kami sudah lakukan dalam beberapa tahun. Saya minta yang dilakukan lebih mendalam, artinya mereka yang memiliki pendidikan ini punya satu basis pelajaran yang baik supaya punya kompetensi," pungkas Budi Karya.

 



Sumber: BeritaSatu.com