Segera Dibangun, Halal District Seluas 21.000 m2

Segera Dibangun, Halal District Seluas 21.000 m2
Presiden Joko Widodo meresmikan pembukaan Halal Park, Di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, 16 April 2019 ( Foto: Beritasatu / Herman )
Herman / HA Selasa, 16 April 2019 | 13:30 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Halal Park di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Selasa (16/4/2019). Tempat ini merupakan embrio dari pembangunan Halal District dengan area yang lebih luas dan lebih lengkap.

Jokowi mengungkapkan, Halal District nantinya akan dibangun di area seluas 21.000 meter persegi, terdiri dari bangunan dan ruang terbuka yang ditargetkan akan rampung dalam waktu dua tahun. Investasi yang disiapkan untuk proyek tersebut sekitar Rp 250 miliar.

"Hari ini telah kita mulai, Halal Park sebagai embrio pembangunan Halal District yang juga akan dibangun di kawasan ini," kata Jokowi saat meresmikan Halal Park, di kawasan GBK, Senayan, Jakarta.

Melalui Halal Park yang nantinya akan bertransformasi menjadi Halal District, Jokowi perharap para pelaku di industri halal dapat semakin mengembangkan kreativitasnya, sehingga pada gilirannya dapat menjadi salah satu motor penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Ditegaskan Jokowi, rencana pembangunan Halal Park ini juga bukan hal yang baru. Pembahasannya sudah dilakukan sebanyak tiga kali di Istana Negara. Dalam pembangunannya memadukan sumber daya yang dimiliki Pemerintah, BUMN, dan seluruh pelaku industri halal di Indonesia.

"Kita memadukan semua kekuatan untuk mengangkat industri halal Indonesia ke tingkat dunia sebagai motor pertumbuhan ekonomi, menjadi ladang kreativitas dan produktivitas generasi muda, dan mengangkat industri halal sebagai sumber kesejahteraan umat," kata Jokowi.

Saat ini, Halal Park menyediakan beragam tenant busana, makanan dan minuman, serta produk-produk UKM. Ketika nantinya sudah bertransformasi menjadi Halal District, kawasan ini akan menjadi pusat gaya hidup halal Indonesia, dan juga menjadi ekosistem bagi para pelaku bisnis yang bergerak di industri halal.



Sumber: BeritaSatu.com