Jokowi Effect, IHSG Positif

Jokowi Effect, IHSG Positif
Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan KH Ma'ruf Amin (kanan) didampingi sejumlah pimpinan Parpol pendukung melambaikan tangan usai memberikan keterangan terkait Pilpres 2019 di Jakarta, Rabu 17 April 2019. ( Foto: SP/Joanito De Saojoao )
Hendro D Situmorang / WM Kamis, 18 April 2019 | 22:18 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pasar modal merespons positif hasil hitung cepat (quick count) yang menunjukkan kemenangan Joko Widodo-Maruf Amin dalam Pilpres 2019. Efek kemenangan Jokowi ini langsung membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak ke zona positif.

IHSG menembus level 6.568 pada perdagangan Kamis (18/4/2019). NH Korindo Securities menyebutkan bahwa INNI Index kemungkinan akan rally dalam menanggapi hasil penghitungan cepat, selaras dengan proyeksi investor asing terhadap pemerintahan Jokowi selanjutnya sampai tahun 2024.

"Kami memperkirakan bahwa hasilnya akan menciptakan pasar ekuitas yang lebih kondusif dan optimistis," kata riset NH Korindo Securities, dalam keterangannya kepada Beritasatu.com, di Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Riset NH Korindo juga menyebutkan bahwa saham konstruksi dan properti, kemungkinan akan mengalami reli, didorong oleh efek Jokowi dua periode. Sementara itu analis Indosurya Securities William Suryawijaya memperkirakan bahwa IHSG akan bergerak di level 6389 - 6556 pada hari ini.

"Data perekonomian tentang penjualan roda dua diperkirakan akan terlansir dalam kondisi membaik, hal ini tentunya dapat memberikan sentimen positif terhadap pola gerak IHSG," kata William.

Selain, itu faktor stabilnya fundametal perekonomian kita juga turut menopang laju kenaikan IHSG hingga saat ini. Hari ini IHSG berpotensi terus melaju positif.



Sumber: Suara Pembaruan