Kemsos Siapkan Dana Bantuan Usaha bagi Penyandang Disabilitas

Kemsos Siapkan Dana Bantuan Usaha bagi Penyandang Disabilitas
Menteri Sosial Agus Gumiwang saat ditemui usia meninjau fasilitas penunjang Balai Besar Rehabilitas Vokasional Bina Daksa (BBRVD), di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/5/2019). ( Foto: Beritasatu.com / Vento Saudale )
Vento Saudale / FMB Kamis, 16 Mei 2019 | 10:22 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Kementerian Sosial (Kemsos) menyiapkan bantuan dana usaha penyandang disabilitas Rp 5 juta hingga Rp 20 juta untuk pengembangan wirausaha.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang saat ditemui di Balai Besar Rehabilitas Vokasional Bina Daksa (BBRVD), di Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (15/5/2019).

"Ada juga yang memulai usaha baru. Nah ada bantuan dari bank, tetapi ke depan kita juga akan menyiapkan modal bagi mereka sehingga bisa memulai usaha. Kalau individual Rp 5 juta kalau bersama Rp 20 juta," kata Mensos Agus Gumiwang.

Dia mengatakan bantuan itu sifatnya berupa dana hibah dari kemsos sehingga tidak perlu dikembalikan di kemudian hari bagi para penerima manfaat. Hanya saja, pihaknya juga menyiapkan tim monitoring atau pendampingan bagi para penerima manfaat.

Pendampingan itu di berikan oleh Kemsos agar usaha yang dikembangkan oleh penerima manfaat menyandang disabilitas bisa berjalan dengan sukses.

Mensos Agus menyampaikan anggaran dana hibah bantuan usaha itu tidak hanya diberatkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN), mmelainkan menggunakan sumber-sumber pendanaan lain yang digunakan sehingga tidak hanya diberatkan kepada APBN.

"Kita punya anggaran yang cukup. Tidak hanya APBN. Kami bisa cari dengan anggaran lain di luar APBN. Tidak perlu APBN Kita Punya sumber sendiri, tidak perlu APBN," kata dia.



Sumber: BeritaSatu.com