Seasons City Torehkan Lonjakan Okupansi

Seasons City Torehkan Lonjakan Okupansi
Trade Mall Seasons City, Jakarta ( Foto: istimewa )
Edo Rusyanto / EDO Sabtu, 18 Mei 2019 | 00:02 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com – Trade Mall (TM) Seasons City, Jakarta menorehkan lonjakan tingkat hunian (okupansi) pada 2019 menjadi sekitar 80% dibandingkan tahun sebelumnya. Di sisi lain, jumlah kunjungan melonjak sekitar 52% pada ramadan tahun ini dibandingkan rata-rata kunjungan harian.

“Di Seasons City saat ini ada sekitar 2.500 kios, padahal dua tahun sebelumnya sekitar 1.800 kios,” ujar Mualim Wijoyo, general manager Seasons City kepada Investor Daily, di Jakarta, Kamis (16/5).

Dia menjelaskan, TM Seasons City merupakan pusat perkulakan berkonsep hak milik (strata title). Luas total area TM Seasons City mencapai sekitar 72 ribu meter persegi (m2). Dari jumlah tersebut sekitar 45 ribu m2 berupa kios-kios perdagangan. “Sisanya dimanfaatkan untuk fasilitas lain seperti hotel, bioskop, dan ritel moderen,” paparnya.

Menurut Mualim, tren permintaan kios masih terus bergulir, termasuk tren kunjungan konsumen ke pusat perdagangan. Meruyaknya pemberitaan belanja online pun tak serta merta menggerus bisnis pusat perdagangan. Bahkan, ajang pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) tidak berpengaruh signifikan terhadap bisnis pusat perdagangan.

“Konsumen masih membutuhkan pusat perdagangan. Konsep belanja off line masih dominan, sedangkan kehadiran belanja online hanya sekitar 15% dari total pola belanja di masyarakat kita,” kata dia.

 

Kampung Ramadan

Sementara itu, Mualim mengatakan bahwa jumlah pengunjung TM Seasons City terus bertambah memasuki ramadan 2019. Bila pada hari biasa rata-rata kunjungan per hari sebanyak 50 ribu pengunjung, memasuki ramadan jumlahnya melonjak menjadi sebanyak 74 ribu pengunjung per hari.

“Jumlah orang yang belanja pada ramadan tahun ini meningkat. Tampaknya daya beli masyarakat masih ada,” tutur dia.

Salah satu upaya mendongkrak jumlah kunjungan adalah dengan menggelar ajang Kampung Ramadhan. Pada 2019, merupakan gelaran Kampung Ramadhan yang ketiga. “Selain menyediakan menu buka puasa, dalam Kampung Ramadhan juga tersedia aksesoris dan pakaian Lebaran,” paparnya.

Dia menambahkan, Kampung Ramadhan kali ini bergulir sepanjang 4 Mei 2019 hingga 9 Juni 2019.
Kampung Ramadhan merupakan satu dari tiga event besar keagamaan yang digulirkan Seasons City tiap tahun. Dua lainnya adalah Seasons City Carnival dan Cap Gomeh. “Kami juga punya event-event lain hasil kerja sama dengan pemerintah daerah DKI Jakarta,” jelas Mualim.

Seasons City merupakan satu dari sembilan trade mall besutan Agung Podomoro Group. Delapan TM lainnya adalah Mangga 2 Square, Thamrin City, Blok B Tanah Abang, Blom M Square, LTC Glodok, Harco Glodok, Plaza Kenari Mas, dan Plaza Balikpapan.

Setiap TM memiliki karakter dan ciri khas tersendiri. Seasons City merupakan superblok gabungan dari hunian bergaya resor dengan pusat perbelanjaan yang pertama hadir di Jakarta Barat. Pusat perdagangan ini dilengkapi ballroom dan funciton hall sebagai wedding mall satu-satunya di Jakarta.

Selain sebagai pusat gem stone, Seasons City juga merupakan pusat bursa mobil, sentra fashion dan batik serta multi usaha. Per 2018, sekitar 50% dari total kios yang ada merupakan usaha kecil dan menengah (UKM).

“Kami juga dilengkapi dengan sekitar tenant food and beverage terkenal,” ujar Dharmawaty, general manager marketing Seasons City.



Sumber: Investor Daily