Bambang Brodjonegoro: Tingkatkan Volume Perdagangan dengan Belanda

Bambang Brodjonegoro: Tingkatkan Volume Perdagangan dengan Belanda

Kamis, 23 Mei 2019 | 09:31 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menekankan pentingnya meningkatkan volume perdagangan dengan Belanda, walaupun skema kerja sama pembangunan bilateral Official Development Assistance (ODA) antara pemerintah Belanda dan Indonesia telah dihentikan.

Hal itu disampaikan Bambang Brodjonegoro seusai pertemuan dengan Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Kerja Sama Pembangunan Kerajaan Belanda HE Sigrid Kaag di sela kunjungan kerja menghadiri Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) Ministerial Meeting 2019 di Paris, Prancis, Rabu (22/5/2019).

Di sela kunjungan tersebut Bambang Brodjonegoro melakukan pertemuan bilateral dengan Sigrid Kaag untuk memperkuat kerja sama pembangunan dan ekonomi kedua negara. Pertemuan bertujuan membahas selesainya komitmen pemerintah Belanda dalam mengimplementasikan skema kerja sama pembangunan bilateral Official Development Assistance (ODA) dengan pemerintah Indonesia mulai 2020 mendatang.

Menurut Bambang Brodojenegoro, kerja sama ODA antara pemerintah Indonesia dan Belanda telah dihentikan karena ekonomi Indonesia dinilai sudah tumbuh signifikan dalam satu dekade terakhir. Selain itu, pemerintah Belanda juga ingin fokus memberikan bantuan pembangunan kepada negara-negara di sekitar Eropa.

Dengan tidak dilanjutkannya skema kerja sama pembangunan bilateral (ODA) tersebut, kami memahami pentingnya peningkatan koordinasi dan komunikasi antara pemerintah Indonesia dan Belanda, khususnya Kementerian PPN/Bappenas dan Kedutaan Besar Belanda. Untuk itu diperlukan koordinasi yang kuat agar dapat mendukung dan mempercepat implementasi beberapa MoU teknis serta memperluas kerangka kerja sama pembangunan sektoral setelah 2020.

“Kami juga berharap pemerintah Belanda dapat memberikan dukungan hibah di sektor pendidikan dengan memberikan beasiswa,” ujar Bambang Brodjonegoro dalam keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com, Kamis (23/5/2019).

Apresiasi
Bambang Brodjonegoro menyebutkan, meski skema ODA segera usai, pihaknya sangat mengapresiasi kebijakan pemerintah Belanda untuk tetap memelihara kerja sama dengan Indonesia sebagai bagian program kerja sama pembangunan regional dan global setelah 2020.

Kerja sama pembangunan untuk Indonesia tetap dilanjutkan melalui skema lainnya, baik melalui skema proyek sebagai bagian dari alokasi/program regional dan global maupun kerja sama teknis dan sektoral melalui MoU, seperti pengelolaan sumber daya air, perundang-undangan, pendidikan, maupun pelatihan vokasi. Misalnya dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dilakukan MoU on Water, atau dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ditandatangani MoU Pendidikan Vokasi.

Bambang Brodjonegoro juga berharap kedua belah pihak dapat terus meningkatkan volume perdagangan. Volume perdagangan bilateral Indonesia-Belanda cenderung meningkat dari 2014-2018, yaitu dari US$ 4,589 juta di 2014, US$ 4,22 juta, US$ 3,97 juta, US$ 5,06 juta, hingga US$ 5,13 juta di 2018.

“Dilihat dari neraca perdagangannya, Indonesia dalam posisi surplus. Meski seperti itu, kami merasa perlu untuk tetap meningkatkan volume perdagangan dengan Belanda,” jelas Bambang Brodjonegoro.

Bambang Brodjonegoro juga menghargai upaya pemerintah Belanda dalam mendukung pembangunan berkelanjutan Indonesia khususnya di bidang manajemen sumber daya air.

National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) adalah salah satu contoh proyek kerja sama pembangunan dengan Belanda. Masterplan NCID telah selesai pada 2015 dan sekarang kerja sama NCICD fokus pada pengembangan rencana terintegrasi penanggulangan banjir di Jakarta. Kerja sama tersebut juga mencakup skema dan sumber pembiayaan, serta tinjauan kelembagaannya.

“Di samping itu, kami juga sedang membahas perpanjangan MoU kerja sama antara Indonesia–Belanda–Korea terkait detail engineering design preparation, dan saya berharap pembahasan mengenai perpanjangannya dapat selesai di akhir Mei 2019,” pungkas Bambang Brodjonegoro.




BAGIKAN




BERITA LAINNYA

IHSG Dibuka Menguat Hari Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 0,8 persen (44,84 poin) ke kisaran 5.984,48.

EKONOMI | 23 Mei 2019

Kejar Peluang Logistik, PSSI Kembali Beli Kapal Kargo Senilai US$ 8 Juta

Penambahan armada Mother Vessel merupakan langkah dalam mengejar peluang logistik untuk pembangkit listrik domestik & mineral.

EKONOMI | 23 Mei 2019

Pullman Ciawi Bidik Segmen Menengah Atas

Hotel Pullman Ciawi Vimala Hills berdiri di atas areal seluas 10 hektare memiliki 208 kamar dan 21 vila.

EKONOMI | 22 Mei 2019

Grab Perluas Layanan GrabWheels Hingga ke Bandara

GrabWheels menjadi layanan skuter listrik pertama di Indonesia.

EKONOMI | 22 Mei 2019

Safa Marwa Tower Tawarkan Konsep Hunian Islami

Safa Marwa Tower akan menjadi proyek dengan lingkungan Islami pertama dan terbesar di Indonesia.

EKONOMI | 22 Mei 2019

Honda Luncurkan Warna Baru untuk Skutik Besar PCX

"Penyegaran ini akan menyempurnakan pengalaman berkendara yang nyaman dan menyenangkan dengan skutik premium Honda PCX," kata Thomas Wijaya.

EKONOMI | 22 Mei 2019

Grab for Business Bantu Perusahaan Tingkatkan Efisiensi Hingga 30%

Perusahaan pengguna Grab for Business dapat mengatur cara karyawan bepergian menggunakan armada Grab.

EKONOMI | 22 Mei 2019

Pekan Depan, Pembahasan RUU SDA Dilanjutkan Kembali

Pengusahaan air tidak boleh mengganggu, mengesampingkan, apalagi meniadakan hak rakyat atas air.

EKONOMI | 22 Mei 2019

BPOM Amankan Kemasan Pangan Tidak Memenuhi Syarat

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengamankan 170.119 kemasan produk pangan tidak memenuhi syarat.

EKONOMI | 22 Mei 2019

Antisipasi Kebutuhan Dana Tunai Lebaran, BTN Siapkan Rp 14,58 Triliun

Sebanyak Rp 4,37 triliun atau 30% dari dana yang disiapkan dialokasikan di 2.126 ATM Bank BTN, sedangkan 70% tersedia di kantor pelayanan.

EKONOMI | 22 Mei 2019


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS