S&P Naikkan Peringkat Surat Utang RI Menyusul Terpilihnya Kembali Jokowi

S&P Naikkan Peringkat Surat Utang RI Menyusul Terpilihnya Kembali Jokowi
Capres petahana Joko Widodo dan cawapres Ma'ruf Amin menyampaikan pidato kemenangannya sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 di Kampung Deret, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa 21 Mei 2019. ( Foto: SP/Joanito De Saojoao )
Faisal Maliki Baskoro / FMB Jumat, 31 Mei 2019 | 15:04 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Lembaga pemeringkat Standard & Poor's (S&P) telah menaikkan peringkat surat utang Indonesia pasca-terpilihnya Joko Widodo sebagai Presiden Indonesia untuk periode kedua (2019-2024).

Pada hari Jumat (31/5/2019) S&P mengumumkan bahwa kenaikan peringkat tersebut dilatarbelakangi oleh prospek pertumbuhan ekonomi RI yang kuat menyusul terpilihnya kembali Presiden Joko Widodo.

Peringkat surat utang Indonesia naik menjadi BBB (setingkat di atas investment grade) dari BBB- dengan outlook stabil. Peringkat ini memudahkan RI untuk berutang ke luar negeri dengan suku bunga yang lebih rendah.

"Kenaikan peringkat ini merefleksikan prospek pertumbuhan ekonomi RI yang kuat dan kebijakan yang mendukung menyusul terpilihnya kembali Presiden Joko Widodo," tulis S&P dalam keterangannya.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) langsung melesat 1,3 persen ke 6.183,08 dan rupiah menguat 1,02 persen ke Rp 14.261,5.



Sumber: BeritaSatu.com