Logo BeritaSatu

Sekar Laut Perluas Pasar Domestik dan Ekspor

Selasa, 18 Juni 2019 | 18:51 WIB
Oleh : Amrozi Amenan / FER

Surabaya, Beritasatu.com - PT Sekar Laut Tbk memperluas pasar domestik dan ekspor untuk mencapai target pertumbuhan penjualan sebesar 15 persen dan pertumbuhan laba sebesar 20 persen tahun ini.

Direktur PT Sekar Laut Tbk, John C Gozal, mengatakan, pada 2018 lalu penjualan perseroan tembus Rp 1 triliun atau meningkat sebesar 14,3 persen. Sedang laba bersih perseroan mencapai sebesar Rp 32 miliar, mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2017 sebesar Rp 23 miliar. Selain peningkatan penjualan, peningkatan laba bersih 39 persen diatas target yang diperkirakan sebesar 20 persen itu juga dikarenakan efisiensi pada beban-beban perusahaan.

"Kami menargetkan penjualan tahun ini bisa tumbuh 15 persen yang akan mendorong pertumbuhan laba 20 persen," kata John saat paparan publik hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahun (RUPST) PT Sekar Laut Tbk di Surabaya, Selasa (18/6/2019).

Menurut John, untuk mendukung target pertumbuhan penjualan dan laba, perseroan memperluas pasar domestik dan pasar ekspor yang belum digarap. Untuk pasar domestik perluasan pasar ditujukan ke daerah-daerah di luar pulau Jawa seperti Sumatera dan Kalimantan. Sedangkan untuk pasar ekspor perluasan menyasar negara-negara di Eropa seperti Belanda dan Inggris serta Asia termasuk Korea Selatan, Jepang dan Tiongkok.

Selama ini, kata John, dari total penjualan hampir 60 persen ke pasar ekspor. Untuk pasar ekspor, yang paling banyak laku adalah produk krupuk. Sedang kontribusi pasar dalam negeri sebesar 40 persen. Untuk pasar dalam negeri, yang paling banyak terjual adalah produk sambal.

"Kami optimistis tahun ini target penjualan perseroan akan tercapai mengingat selama triwulan pertama 2019, penjualan kami sudah tumbuh 21 persen, apalagi dengan pengembangan pasar baru yang belum digarap," tandas John,

John meyakini, pada tahun mendatang pertumbuhan perseroan akan terus berkesinambungan dengan pengembangan pasar domestik dan ekspor yang belum digarap itu, apalagi dengan upaya perseroan yang terus melakukan inovasi produk.

"Penjualan ke pelanggan-pelanggan baru tentunya akan dapat menambah portofolio perseroan dalam jangka panjang," papar John.

Seiring dengan pengembangan pasar, menurut John, perseroan juga terus melakukan penambahan kapasitas produksi. Tahun ini perseroan mengalokasikan belanja modal sebesar Rp 20 miliar untuk pengadaan mesin untuk meningkatkan kapasitas produksi. Kapasitas produksi per tahun kini naik dari 24.500 ton pada 2017 menjadi 30.000 ton.

"Kapasitas produksi sebesar itu, diperkirakan mampu memenuhi permintaan pasar hingga tiga tahun mendatang. Setelah itu, kita harus tambah kapasitas lagi," terang John.

John mengakui, kendala yang dihadapi perseroan adalah cepatnya pertumbuhan pasar yang mengharuskan adanya penambahan kapasitas. Contohnya, pesatnya pertumbuhan pasar untuk produk krupuk telah mendorong penambahan kapasitas baru dari sekarang 12.000 ton per tahun dan sudah terpakai 80 persen.

"Namun demikian, dengan kapasitas yang ada sekarang, pada triwulan I 2019, hampir semua produk kami mengalami peningkatan penjualan. Baik itu produk krupuk, sambal dan roti. Tapi, pertumbuhan penjualan yang paling tinggi adalah roti yang tumbuh diatas 50 persen," terang John.

Direktur PT Sekar Laut Tbk, Welly Gunawan, menambahkan, untuk meningkatkan penjualan perseroan juga telah melakukan diversifikasi produk. Untuk pasar ekspor, perseroan melakukan terobosan meluncurkan produk krupuk berbahan baku sayuran. Sedangan untuk pasar domestik, perseroan akan melakukan diversifikasi produk berupa sambal kemiri.

"Kami meyakini diversifikasi produk ini akan mendukung peningkatan penjualan perseroan kedepan," pungkas Welly.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Indonesia Tawarkan Proyek Pembangunan IKN Nusantara di WEF

Bahlil Lahadalia mengatakan proyek IKN Nusantara turut dibahas dan ditawarkan pemerintah dalam pertemuan WEF 2022 di Davos.

EKONOMI | 25 Mei 2022

Great Edu Gandeng LPS Fasilitasi Edukasi Investasi Cerdas

Platform Great Edu mengajak milenial untuk memahami pentingnya investasi yang prudent dan cerdas di era digital.

EKONOMI | 25 Mei 2022

Mantap! Pagi Ini Kurs Rupiah Diwarnai Aksi Beli Investor

Transaksi rupiah pagi ini diperdagangkan dalam kisaran Rp 14.644- Rp 14.664 per dolar AS dan yen Jepang melemah 0,2 (0,2%) mencapai 127,1.

EKONOMI | 25 Mei 2022

9 Menit Awal Perdagangan, IHSG Turun 12 Poin Jadi 6.903

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perdagangan Rabu dibuka turun di tengah bervariasinya bursa saham Amerika Serikat (AS).

EKONOMI | 25 Mei 2022

LPKR Optimitis Pendapatan Pilar Lifestyle Akan Meningkat

PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) optimistis pendapatan pilar bisnis Lifestyle akan meningkat seiring pertumbuhan bisnis pusat perbelanjaan (mal) dan perhotelan

EKONOMI | 25 Mei 2022

IHSG Diprediksi di Zona Hijau, Cermati PTBA, TINS, JSMR

IHSG pada perdagangan hari ini berpotensi menguat dengan saham pilihan PTBA, TINS, JSMR, dan BBKP.

EKONOMI | 25 Mei 2022

Harga Emas Menguat karena Imbal Hasil Obligasi Tertekan

Harga emas di pasar spot naik 0,7% pada US$ 1.866,39 per ons dan harga emas berjangka AS menguat hampir 1% menjadi US$ 1.865,3.

EKONOMI | 25 Mei 2022

Harga Minyak Menguat Tipis di Tengah Ketatnya Pasokan

Harga minyak mentah Brent naik 14 sen menjadi US$ 113,56 per barel dan WTI AS turun 52 sen menjadi US$ 109,77 per barel.

EKONOMI | 25 Mei 2022

Luhut Sebut Baru 46 Pemda yang Tayangkan E-Katalog Lokal

Luhut Binsar Pandjaitan mendorong pemanfaatan e-katalog lokal dan pemanfaatan produk dalam negeri oleh pemda. 

EKONOMI | 25 Mei 2022

S&P 500 Jatuh, Nasdaq Kehilangan 2% Terseret Saham Teknologi

Nasdaq Composite jatuh karena suramnya proyeksi dari perusahaan media sosial, Snap sehingga menyebar ke saham teknologi lainnya.

EKONOMI | 25 Mei 2022


TAG POPULER

# BRI Majalengka


# Perumahan Pantai Mutiara


# UU PPP


# UAS


# Harga CPO


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Apresiasi Perjuangan Nakes Selama Pandemi, AMPG Serahkan Bunga Terima Kasih

Apresiasi Perjuangan Nakes Selama Pandemi, AMPG Serahkan Bunga Terima Kasih

NEWS | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings