Sri Mulyani Terima Kritikan DPR Terkait Pengelolaan Anggaran

Sri Mulyani Terima Kritikan DPR Terkait Pengelolaan Anggaran
Sri Mulyani. ( Foto: Antara )
Aichi Halik / AHL Selasa, 9 Juli 2019 | 21:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menerima laporan hasil pendahuluan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020 dan Rancangan Kerja Pemerintah 2020.

Dalam kesempatan itu, para perwakilan fraksi mengkritisi pengelolaan anggaran yang tak optimal oleh pemerintah, dan mendesak pemerintah menggunakan APBN secara efisien.

Menanggapi masukan DPR tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, menyatakan menerima dan menghargai kritikan anggota DPR.

“Pandangan DPR sangat kita hargai. Dari sisi tertib keuangan negara, memang baik untuk selalu ada policy (kebijakan) yang konsisten kemudian muncul dalam bentuk UU APBN dan kemudian dilaksanakan,” ujar Sri Mulyani di Kompleks DPR RI Senayan, Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Sri Mulyani menegaskan, pemerintah selalu berupaya mengelola APBN secara kredibel dan akuntabel.

Sri Mulyani juga mengatakan, pemerintah mesti turut memperhitungkan kondisi anggaran serta perekonomian secara menyeluruh dalam hal menentukan kebijakan alokasi belanja negara.

"Dari sisi pemerintah, selain masalah konsistensi dari UU APBN dan pelaksanaannya, kita juga memikirkan mengenai kondisi keuangan dan ekonomi secara menyeluruh, sehingga kebijakan yang dipilih nanti akan disampaikan pada saat Presiden menyampaikan RUU APBN 2020," kata Sri Mulyani.



Sumber: BeritaSatu TV