Perluas Jaringan, KSEI Tambah Jumlah Bank Pembayaran dan Administrator RDN

Perluas Jaringan, KSEI Tambah Jumlah Bank Pembayaran dan Administrator RDN
Direktur KSEI Uriep Budhi Prasetyo ( Foto: Beritasatu TV )
Aichi Halik / AHL Jumat, 12 Juli 2019 | 20:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) resmi menambah jumlah bank administrator rekening dana nasabah (RDN) dan bank pembayaran untuk periode 2019-2024.

Jumlah bank administrator RDN yang pada periode sebelumnya berjumlah 14 bank, kini meningkat menjadi 16 bank.

Direktur KSEI Urip Budhi Prasetyo mengatakan, untuk bisa bekerjasama dengan bank RDN, pihaknya harus menyeleksi terlebih beberapa perbankan terlebih dahulu.

Menurut Uriep, semakin banyak dan beragamnya bank administrator RDN akan memberikan alternatif bagi investor untuk membuka rekening RDN.

"Penambahan jumlah bank pembayaran juga menjadi salah satu upaya KSEI untuk memperluas jaringan pasar modal melalui kerjasama co-branding dengan industri perbankan," kata Uriep di Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Pada tahun 2011, KSE menambah kerjasama dengan perbankan dari tiga bank menjadi lima bank.

“Pertumbuhannya signifikan. Dari yang dulu di tahun 2000 transaksinya Rp 730 miliar per hari kini sudah meningkat hingga Rp 6 triliun per hari,” kata Uriep.

"Bank pembayaran KSEI pada periode kali ini akan berfungsi sebagai bank penyedia fasilitas intraday kepada perusahaan efek dan tetap sebagai bank administrator RDN," imbuh Uriep.

Untuk periode ini, KSEI menunjuk sembilan bank sebagai bank pembayaran sekaligus bank administrator RDN. Kesembilan bank tersebut adalah Bank Central Asia, Bank CIMB Niaga, Bank KEB Hana Indonesia, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, Bank Panin Indonesia, Bank Permata, Bank Rakyat Indonesia dan Bank Sinarmas.

Sedangkan untuk pihak yang berperan khusus sebagai bank admistrator, KSEI menunjuk tujuh bank. Administrator RDN periode tersebut adalah Bank Mayapada, Bank Nationalnobu, Bank OCBC NISP, dan Bank Tabungan Negara.

Sedangkan tiga sisanya adalah bank syariah yaitu Bank BCA Syariah, Bank BNI Syariah, dan Bank Mandiri Syariah.



Sumber: BeritaSatu TV