BPPSDMP Tingkatkan Mutu Pelaporan Penyuluhan SDM Pertanian

BPPSDMP Tingkatkan Mutu Pelaporan Penyuluhan SDM Pertanian
BPPSDMP Kementerian Pertanian (Kemtan) terus meningkatkan mutu pelaporan yang memenuhi aspek transparansi. ( Foto: Dok )
/ WBP Kamis, 18 Juli 2019 | 12:07 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kemtan) terus meningkatkan mutu pelaporan yang memenuhi aspek transparansi dan akuntabilitas di setiap kegiatan penyuluhan dan pengembangan SDM pertanian.

Hal ini dilakukan melalui pertemuan Rekonsiliasi dan Konsolidasi Monitoring dan Evaluasi (monev) di Bogor pada 17-19 Juli 2019. Pertemuan menghadirkan pembicara perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kementerian Keuangan (Kemkeu) melalui Sub Direktorat Evaluasi Kinerja Penganggaran. Selain itu, petugas yang menangani monev di tingkat pusat, unit pelaksana teknis (UPT), dan dekonsentrasi lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian.

"Seluruh pengelola kegiatan untuk fokus dan terus melakukan evaluasi dan analisis secara efektif," kata Sekretaris BPPSDMP Kemtan dalam sambutannya yang dibacakan Kabag Evaluasi, Humas dan Pelaporan Titin Gumartini dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (18/7/2019).

Dia mengatakan, hasil pemantauan akan digunakan sebagai upaya melakukan percepatan pelaksanaan kegiatan. "Apabila ada sesuatu yang belum dilaksanakan, dapat diketahui untuk dilakukan advokasi dan pembinaan," kata dia.

Melalui rekonsiliasi ini, petugas monev dapat memperbarui informasi dan metode pengisian data pada sistem aplikasi e-sakip lingkup BPPSDMP tahun 2019, sistem aplikasi SMART (PMK 214), sistem aplikasi e-Monev Bappenas Ver. 3.0 tahun 2019 kepada seluruh satuan kerja (satker) lingkup BPPSDMP.

Selain itu, merekonsiliasi data realisasi anggaran dan fisik dari bulan Januari sampai Juni 2019, mengimplementasikan aplikasi Monev Kinerja Penganggaran (SMART), e-Sakip Kemtan dan e-Monev Bappenas untuk kegiatan monitoring, evaluasi dan pelaporan program dan kegiatan BPPSDMP.



Sumber: BeritaSatu.com