Pengembangan Blok Masela Jadi Perhatian Khusus Presiden

Pengembangan Blok Masela Jadi Perhatian Khusus Presiden
Blok Masela ( Foto: bumn.go.id )
Novy Lumanauw / FMB Jumat, 19 Juli 2019 | 15:08 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan akan mengawal pelaksanaan implementasi rencana pengembangan (Plan of Development/PoD) Lapangan Abadi Blok Masela di Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku. Kepala Negara berharap kegiatan eksplorasi di Blok Masela dapat diimplementasikan pada tahun 2027 mendatang.

"Terus akan kita kawal dan kita harapkan konstruksi segera dimulai sehingga sesuai dengan jadwal, nanti tahun 2027 itu sudah bisa beroperasi," kata Kepala Negara di Istana Negara, Jakarta, pada Jumat (19/7/2019).

Ia mengatakan, pengembangan Blok Masela akan menjadi perhatian khusus. Investasi Inpex Corporation di Indonesia bagian timur itu, katanya, diperkirakan akan memberikan dampak ekonomi dan kesejahteraan yang besar bagi masyarakat di sekitar lokasi pengembangan tersebut.

"Nanti secara khusus saya akan berbicara mengenai Masela, karena ini sebuah investasi yang sejak kita merdeka itu paling besar. Dari sisi dampak nantinya itu bisa ratusan ribu yang bekerja di sana apabila ini bisa dikembangkan kepada derivatif di bawahnya, petrochemical," kata Presiden.

Presiden juga telah meminta Inpex Corporation untuk memaksimalkan konten lokal, termasuk tenaga kerja setempat dalam mengelola Blok Masela.

"Saya sudah sampaikan kepada Inpex bahwa saya minta konten lokal harus setinggi-tingginya. Penggunaan tenaga kerja, karyawan dari daerah lokal dan Indonesia, juga sebanyak-banyaknya," kata Presiden.



Sumber: Investor Daily