DPMPTSP DKI Jakarta Bantu Pengusaha Pemula di UKM Expo 2019

DPMPTSP DKI Jakarta Bantu Pengusaha Pemula di UKM Expo 2019
UKM Expo berlangsung selama tiga hari berturut- turut 19 sampai dengan 21 Juli 2019 (Jumat -Minggu) mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB di Kartika Expo Center Balai Kartini, Jakarta
L Gora Kunjana / AO Minggu, 21 Juli 2019 | 09:46 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Untuk mendorong penciptaan iklim usaha yang kondusif di Ibu Kota, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta turut berpartisipasi dalam kegiatan UKM Expo yang diprakarsai oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (KUKMP) Provinsi DKI Jakarta.

UKM Expo berlangsung selama tiga hari berturut- turut 19 sampai dengan 21 Juli 2019 (Jumat -Minggu) mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB di Kartika Expo Center Balai Kartini, Jakarta.

Dalam kesempatan ini DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta membuka booth pelayanan bagi para pengusaha pemula dan pebisnis start up untuk berkonsultasi mengenai perizinan dan non perizinan serta memberikan kemudahan pengurusan izin bagi pelaku usaha yang mengikuti kegiatan UKM Expo 2019.

Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra menyatakan, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaan UKM Expo 2019 demi mendorong penciptaan iklim usaha yang kondusif serta mendorong jumlah pertumbuhan wirausaha baru di Jakarta.

“Oleh sebab itu dalam kegiatan ini kami menghadirkan booth pelayanan bagi para pengusaha pemula dan start up untuk berkonsultasi langsung dengan petugas DPMPTSP seputar perizinan yang perlu dimiliki dalam membangun sebuah usaha di Jakarta. Bahkan kami memberikan kemudahan perizinan bagi UKM yang mengikuti kegiatan ini dan bagi wirausaha baru yang mendaftar pada saat acara UKM- Expo 2019 berlangsung,” papar Benni Aguscandra, dalam keterangan tertulisnya Sabtu (20/7/2019).

Sejak dibuka Jumat, Benni mengatakan antusiasme pengunjung yang datang ke booth pelayanan cukup tinggi. Rata- rata para pengunjung ingin berkonsultasi mengenai prosedur dan langkah- langkah dalam pengurusan Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK), Sertifikat Laik Sehat bagi Usaha Jasa Boga, Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dan lain sebagainya.

Beberapa pengunjung juga sudah ada yang membawa persyaratan lengkap sehingga izin usaha dapat segera diproses dan diterbitkan.

“Sejak membuka booth pada hari pertama pengunjung sudah banyak yang datang, mayoritas ingin berkonsultasi seputar prosedur pendirian usaha dan di hari ini jumlah pengunjung semakin bertambah. Beberapa pengunjung juga sudah ada yang membawa persyaratan, sehingga petugas dapat langsung melakukan penelitian administrasi dan teknis permohonan perizinan, kemudian berkoordinasi dengan Kepala Unit Pelaksana PTSP atau service point untuk dapat segera memproses penerbitan izin. Insha Allah, banyak pengusaha pemula yang terbantu dengan kehadiran kami dalam kegiatan ini,” tutur Benni.

Adapun kemudahan yang diberikan bagi para pemohon di UKM Expo adalah dengan memberikan asistensi terhadap penerbitan Izin Usaha Mikro dan Kecil atau IUMK, mulai dari pengisian formulir sampai dengan penerbitan IUMK.

“Petugas kami siap memberikan pendampingan dalam pengurusan izin usaha bagi para peserta UKM Expo 2019, mulai dari pengisian formulir sampai penerbitan izin usaha” ujar Benni.

Setidaknya terdapat 200 booth UKM Binaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memenuhi arena Kartika Expo Center Balai Kartini, Jakarta, dengan menawarkan berbagai produk unggulan mulai dari kuliner, fashion, alat- alat rumah tangga, kecantikan, kerajinan tangan dan tersedia pula pasar murah yang menyediakan kebutuhan pokok sehari- hari dengan harga terjangkau.

Kegiatan ini juga melibatkan berbagai Perangkat Daerah terkait seperti Dinas Perindustrian dan Energi, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Perhubungan, Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan lain sebagainya.

Kegiatan UKM Expo 2019 bukan saja menampilkan produk-produk UKM unggulan Pemprov DKI Jakarta, melainkan juga diisi beraneka kegiatan menarik lainnya mulai dari lomba, workshop dan talkshow serta hiburan di Panggung Utama dengan menampilkan Musisi Kebanggaan Indonesia seperti Benny Tophot, Balena, Judika, serta Pemenang Lomba Aransemen Theme Song SETIA 2019, Nalello dan Achel.

“Warga Jakarta dapat berbelanja seraya berkonsultasi dan atau mengurus perizinan dan non perizinan di Jakarta. Di samping itu banyak hiburan menarik untuk keluarga. Jangan lupa saksikan penampilan pemenang lomba aransemen theme song SETIA 2019, musisi asal Papua, Nalello dan Achel,” ujar Benni.

Seperti dalam acara lainnya, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta selalu ingin memberikan kesan tak terlupakan bagi warga Jakarta dalam berbagai program Government Branding atau yang dikenal dengan kampanye “urus izin sendiri itu mudah”.

Di kesempatan kali ini DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta kembali menghadirkan semangat kemudahan perizinan bagi pengunjung lewat penampilan memukau dari Duo asal Papua, Nalello & Achel, pemenang Lomba Aransemen Theme Song SETIA 2019. Sambil menikmati live performance, pengunjung juga dapat berfoto dengan maskot DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, SOleh dan LUSI di area panggung utama.

Selain berfoto, pengunjung juga bisa mengikuti games seru bersama Maskot SOleh dan LUSI untuk mendapatkan souvenir menarik persembahan dari DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta. Pengunjung juga dapat berfoto selfie di photo wall booth DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta.

“Di samping memberikan pelayanan publik yang prima bagi warga Ibu Kota, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta juga ingin menebarkan semangat mengurus sendiri perizinan dan non perizinan di Jakarta, tanpa melibatkan pihak ketiga, melalui berbagai kegiatan dalam program Government Branding yang kami hadirkan di UKM Expo 2019. Acara ini gratis dan terbuka untuk umum. Jadi, ajak keluarga tercinta, sahabat, dan rekan- rekan Anda untuk menghabiskan akhir pekan bersama kami, urus izin sendiri itu mudah,” pungkas Benni.



Sumber: Investor Daily