BCA Tambah Dua Kantor Cabang Pembantu di Surabaya

BCA Tambah Dua Kantor Cabang Pembantu di Surabaya
Kepala Kantor Wilayah III BCA Frengky Chandra Kusuma (tenga) saat peresmian Kantor Cabang Pembantu (KCP) Tunjungan Plaza di Pakuwon Tower Surabaya, Senin (22/7/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Amrozi Amenan )
Amrozi Amenan / FER Senin, 22 Juli 2019 | 23:11 WIB

Surabaya, Beritasatu.com - Kantor Wilayah III PT Bank Central Asia Tbk (BCA) akan terus menambah kantor cabang pembantu (KCP) di Surabaya seiring dengan ekspansi bisnis nasabahnya. Rencananya, hingga akhir tahun ini BCA akan menambah dua KCP dari sekarang sebanyak 89 KCP, yakni satu di tengah kota dan satunya lagi di wilayah Surabaya barat.

Kepala Kantor Wilayah III BCA, Frengky Chandra Kusuma, mengatakan saat ini telah terjadi tren digitalisasi yang mengakibatkan BCA melakukan transformasi digital di dalam berbagai produk dan layanan. Tujuannya adalah untuk memudahkan layanan nasabah agar lebih efisien dan cepat. Hampir 97 persen nasabah BCA di Surabaya kini sudah bertransaksi dengan digital, baik internet atau mobile banking.

Namun demikian, transformasi ke digital itu bukan berarti BCA tidak lagi melakukan ekspansi secara fisik. Keberadaan kantor secara fisik wajib dihadirkan untuk memudahkan para nasabah dan membangun hubungan personal yang baik. Dan hubungan yang baik itu hanya bisa terjalin kalau ada tatap muka secara fisik.

"Relokasi KCP Tunjungan Plaza ini dari sebelumnya di Tunjungan Plaza I ini juga bertujuan untuk memudahkan para nasabah dan kita juga bisa membangun personal yang lebih baik dengan mereka," kata Frengky saat peresmian KCP Tunjungan Plaza di Pakuwon Tower Surabaya, Senin (22/7/2019).

Frengky menyatakan, pengembangan KCP di Surabaya akan terus dilakukan seiring dengan pertumbuhan dan ekspansi bisnis perusahaan, sehingga BCA bisa mendekatkan diri dengan para nasabah. Karena itu pula KCP BCA disebar di beberapa tempat yang merupakan basis nasabahnya termasuk di pusat perbelanjaan. Seperti KCP di Tunjungan Plaza itu bertujuan melayani nasabahnya yang memiliki bisnis di pusat perbelanjaan itu.

"Saat ini kita memiliki 6 KCP di pusat perbelanjaan untuk melayani nasabah yang bisnisnya di sini. Kelebihan KCP di mall ini adalah layanan weekend banking, dimana Sabtu dan Minggu layanan nasabah tetap berjalan dan itu sangat memudahkan nasabah kita, termasuk nasabah di luar mal karena tanpa harus masuk mal," ujar Frengky.

Sedemikian efektif keberadaan KCP yang dekat dengan nasabah BCA, sambung Frengky, dalam waktu dekat, pihaknya akan menambah dua KCP, yakni satu di tengah kota dan satu lainnya di wilayah Surabaya barat khusus untuk nasabah prioritas.

"KCP baru itu akan mengakumuluasi dan melayani para nasabah di sekitarnya. Jadi BCA ini akan bertumbuh dan berkembang secara dinamis. SDM kita siapkan untuk membangun komunikasi yang lebih baik dengan nasabah dan KCP kita siapkan untuk memudahkan nasabah sehingga hubungan kita juga lebih dekat," tandas Frengky.

Lebih jauh, Frengky mengungkapkan, ekspansi KCP juga untuk mendukung ekspansi penyaluran kredit dan peningkatan dana pihak ketiga (DPK). Pihaknya optimistis pada semester kedua 2019, dunia perbankan akan lebih baik seiring dengan kondisi ekonomi makro yang juga akan lebih bagus, sehingga permintaan kredit akan bertambah dan DPK juga akan bertumbuh.

"Kita optimis dengan proyeksi pertumbuhan DPK sebesar 8 persen hingga 9 persen dan kredit sebesar 12 peresen hingga 13 persen sampai akhir tahun ini,” pungkas Frengky.



Sumber: Investor Daily