OJK: Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Masih Terjaga

OJK: Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Masih Terjaga
Ketua Dewan Komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) Wimboh Santoso mengatakan, stabilitas sektor jasa keuangan pada semester I 2019 berada dalam kondisi terjaga. ( Foto: Beritasatu TV )
Aichi Halik / AHL Rabu, 24 Juli 2019 | 21:32 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Dewan Komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) Wimboh Santoso mengatakan, stabilitas sektor jasa keuangan pada semester I 2019 berada dalam kondisi terjaga.

"Stabilitas sektor jasa keuangan global pada semester I-2019 dalam kondisi terjaga. Hal ini sejalan dengan kinerja intermediasi sektor jasa keuangan yang positif dan profil risiko lembaga jasa keuangan yang terkendali," kata Wimboh saat memaparkan hasil Rapat Dewan Komisioner (RDK) Otoritas Jasa Keuangan bulan Juli di Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Wimboh mengatakan, hal ini terlihat dari kinerja positif pasar keuangan domestik di semester I 2019. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup pada level 6.358,63 meningkat sebesar 2,65 persen di paruh pertama 2019, dengan net buy investor nonresiden sebesar Rp 68,80 triliun.

Di periode yang sama, asuransi jiwa dan asuransi umum juga berhasil menghimpun premi masing-masing sebesar Rp 85,65 triliun dan Rp 50,93 triliun.

"Selain itu, kinerja intermediasi sektor jasa keuangan juga meningkat di semester I-2019. Penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan meningkat sebesar 7,42 persen yoy. Peningkatan ini merupakan yang tertinggi dalam 8 bulan terakhir, didorong oleh meningkatnya pertumbuhan deposito dan giro perbankan," kata Wimboh.



Sumber: BeritaSatu TV