Logo BeritaSatu

UMKM Papua Diminta Memanfaatkan Teknologi Digital

Senin, 5 Agustus 2019 | 00:00 WIB
Oleh : Siprianus Edi Hardum / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM meminta kepada para pelaku Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) di Provinsi Papua untuk memanfaatkan teknologi digital, untuk digunakan dalam mengembangkan usahanya.

Dengan demikian, pelaku KUMKM yang kini memiliki produk - produk lokal khas tanah Papua bisa dipasarkan menggunakan teknologi tersebut. Penegasan ini disampaikan oleh Deputi Sumber Daya Manusia Kemkop dan UKM, Rulli Nuryanto dalam acara peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) KUMKM di Jayapura, Senin (5/8/2019) sebagaimana dalam siaran persnya, Senin (5/8/2019) sore.

Dengan didampingi oleh Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Peran Serta Masyarakat Kemkop dan UKM, Hariyanto, dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Papua, Luther Bonggoibo, Rulli memaparkan, jika masyarakat Papua dengan kekayaan dan keanekaragaman produk-produknya, itu harus mampu menyesuaikan diri terhadap kondisi saat ini dengan beradaptasi dengan industri 4.0.

"Sehingga melalui platform e-commerce produk - produk Papua yang unik itu mudah dipasarkan dan tidak seperti sekarang ini yang hanya sebatas toko atau warung lokal di Papua,"terangnya di hadapan 120 para peserta.

Penggunaan platform e-commerce menjadikan solusi pemasaran bagi masyarakat Papua, apalagi berdasarkan data yang ada selama ini, sudah ada jutaan orang bertransaksi menggunakan fasilitas maya bernama digital tersebut. Melalui penggunaan platform e-commerce produk seperti kerajinan kulit, olahan sagu, anyam-anyaman, makanan dan lain - lain dari Papua itu dengan mudah bisa terjual.

Rulli menyakini itu bisa dilakukan di Papua, jika pelaku KUMKM-nya bisa menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada selama ini. Untuk merangsang pelaku KUMKM tersebut, Kemkop dan UKM sengaja hadir di Papua dalam memberikan enam program sekaligus untuk penguatan SDM.

Diantaranya terdiri dari pelatihan vocational bagi organisasi masyarakat dan pemuda, pelatihan vocational berbasis e-commerce, pelatihan vocational bagi kelompok strategis, pelatihan akutansi dan penyusunan laporan keuangan, pelatihan bagi pengelola LKM berbasis kompetensi, pelatihan vocational untuk daerah tertinggal.

Dengan adanya banyaknya program tersebut, Deputi SDM Kemenkop dan UKM berharap, ada pengetahuan wawasan baru, peningkatan kualitas produk serta omzet bisnis yang dikembangkannya. "Mudah - mudahan ini bisa diperoleh dari para peserta yang hadir dalam acara ini," tutur Rulli.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UKM Papua, Luther Bonggoibo, menyampaikan, bahwa sudah saatnya masyarakat Papua memanfaatkannya dengan baik mengenai program-program yang ditawarkan oleh pemerintah. Apalagi semua program yang diberikan oleh Kemenkop UKM itu berbasis pada penguatan SDM untuk KUMKM.

Diakui oleh Luther Bonggoibo, masyarakat Papua bisa maju dengan pesat seperti provinsi - provinsi lainya apabila ada keseriusan untuk menekuninya. "Saya menyakini itu bisa karena masyarakat dan pelaku KUMKM ingin sama-sama memajukan Papua," tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ekspansi Bisnis, Hikvision Gandeng Graha Anugrah Elektrindo

PT Graha Anugrah Elektrindo, perusahaan distributor perangkat mekanikal dan elektrikal di Indonesia, mengumumkan kerja sama bisnis dengan Hikvision.

EKONOMI | 24 Juni 2022

5 Rekomendasi Platform E-Commerce untuk Seller di Indonesia

Perkembangan teknologi memungkinkan para penjual atau seller mengembangkan bisnisnya dengan lebih optimal melalui platform e-commerce.

EKONOMI | 24 Juni 2022

CKB Group Dukung Pengembangan Sektor Migas Indonesia

CKB Group turut berpartisipasi di ajang kegiatan Pra Forum Kapasitas Nasional (PFKN) 2022 di Balikpapan yang diselenggarakan SKK Migas.

EKONOMI | 24 Juni 2022

Juli 2022, 4.000 Lebih Outlet Pegadaian Salurkan KUR Syariah

Lebih dari 4.000 outlet Pegadaian siap menyalurkan KUR Syariah mulai bulan Juli 2022 untuk membantu pelaku usaha super mikro.

EKONOMI | 24 Juni 2022

Buka Cabang di Amsterdam, Ekspansi BNI Diapresiasi DPR

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI proaktif melebarkan sayap bisnis internasional setelah sukses membuka jaringan di Amsterdam, Belanda.

EKONOMI | 24 Juni 2022

Himpunan Pengusaha Nahdliyin Ajak Masyarakat Jadi Saudagar

Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) mengajak masyarakat untuk menjadi saudagar demi mengurangi ketimpangan ekonomi.

EKONOMI | 24 Juni 2022

Lebih Efisien, Ondelivery Bantu Optimalkan Bisnis UMKM

Seiring pesatnya pertumbuhan bisnis UMKM, PT Ondel Teknologi Indonesia menangkap peluang tersebut dengan melahirkan Ondelivery.

EKONOMI | 24 Juni 2022

Dukung UMKM, BRI Regional Jakarta 1 Gelar Bazaar Klaster Mantriku

BRI Regional Office Jakarta 1 kembali mengadakan acara Bazaar Klaster Mantriku untuk BRIlian Sahabat UMKM.

EKONOMI | 24 Juni 2022

Bank Victoria Terima Setoran Modal Rp 254,50 Miliar

PT Bank Victoria International Tbk (Bank Victoria) mengumumkan telah menerima setoran modal sebesar Rp 244,50 miliar, dari sejumlah entitas.

EKONOMI | 24 Juni 2022

Ini Ukuran Bank Sukses Versi Doktor Transformasi Digital

Menurut Bayu, ukuran keberhasilan sebuah bank di masa depan tidak sekedar dilihat dari keuntungannya semata.

EKONOMI | 24 Juni 2022


TAG POPULER

# Rima Melati


# Nikita Mirzani Tersangka


# PDIP


# The Minions


# Sri Lanka


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bos Ducati Puji Fabio Quartararo

Bos Ducati Puji Fabio Quartararo

SPORT | 5 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings