SCG Gunakan 100% Kandungan Lokal untuk Produk Semen

SCG Gunakan 100% Kandungan Lokal untuk Produk Semen
Siam Cement Group Tingkatkan Investasi di Indonesia ( Foto: Youtube.com/BeritaSatu / BSTV )
Ridho Syukro / MPA Senin, 19 Agustus 2019 | 18:38 WIB


Jakarta, Beritasatu.com-Siam Cement Group (SCG) memulai operasi bisnisnya di Indonesia sejak 1995 dengan mengembangkan tiga lini bisnis utama yaitu cement building materials, chemical dan packaging. Dari tiga lini bisnis tersebut, cement building materials merupakan kontribusi penjualan terbesar dan menjadi tulang punggung bisnis SCG di Indonesia.

Country Director SCG Indonesia Anusorn Potchanabanpot mengatakan komitmen untuk memperkuat bisnis cement building materials dibuktikan dengan dibangunnya pabrik semen di Sukabumi, Jawa Barat dengan kapasitas produksi 1,8 juta ton per tahun. Dalam memproduksi semen, pihaknya sudah menggunakan bahan lokal dengan kandungan lokal sudah mencapai 100% .

SCG juga menjadi perusahaan asing yang sudah memanfaatkan kandungan lokal tertinggi dan juga menyerap tenaga kerja cukup besar.

"Dimana pun SCG beroperasi pasti akan mengikuti aturan negara tersebut termasuk untuk operasi bisnis SCG di Indonesia,” ujar dia, di Jakarta, Senin (19/8/2019).

Ia mengatakan dalam memperkuat bisnis cement building material-nya di Indonesia, SCG juga meluncurkan produk inovatif terbarunya, semen formula baru SCG yaitu untuk semen komposit SCG portland atau PCC dan untuk produk SCG Super Semen, keduanya adalah produk semen SCG yang mengandung formula insentif dengan teknologi nano molekul yang memungkinkan proses pembangunan kontruksi bangunan lebih baik.

Teknologi yang digunakan SCG di pabrik Sukabumi termasuk teknologi advanced dan sudah bisa dikatakan menuju industri 4.0. Pihaknya belum ada berencana untuk ekspansi pabrik terbaru di Indonesia, sejauh ini perkembangan bisnis cukup stabil.

SCG juga berkontribusi membangun proyek infrastrutkur di Indonesia seperti Bandara Kulonprogo, pembangkit listrik jawa-1, dan proyek jalan tol Sumatera.

“ Kami juga menerapkan layanan bagi pembangunan tempat tinggal bagi korban Tsunami dan gempa bumi di Palu, Sulawesi Tengah,” ujar dia. Selain semen, SCG juga mempunyai produk SCG pipe dan precast, beton siap pakai Jayamix, dinding keramik.

Ia mengatakan untuk tahun ini, pihaknya menargetkan pertumbuhan penjualan mencapai double digit karena melihat perkembangan proyek infrastruktur Indonesia yang semakin meningkat.

 

 



Sumber: Investor Daily