HUT ke-89 Warren Buffett, Ini 6 Nasihat Kesuksesan dari Sang Oracle of Omaha

HUT ke-89 Warren Buffett, Ini 6 Nasihat Kesuksesan dari Sang Oracle of Omaha
Warren Buffett, salah satu ornag terkaya di dunia, menandatangani mobil Cadillac DTS miliknya yang hendak dijual. ( Foto: CNN Money )
Faisal Maliki Baskoro / FMB Minggu, 1 September 2019 | 11:25 WIB

CEO Berkshire Hathaway dan salah satu investor ternama di dunia Warren Buffett berulang tahun yang ke-89 pada hari Jumat, 30 Agustus 2019. Buffett juga merayakan ulang tahun pernikahannya yang ke-13 bersama istrinya, Astrid.

Untuk merayakan ulang tahun orang yang dijuluki Peramal dari Omaha (Oracle of Omaha), CNBC mengumpulkan enam nasihat hidup dari Buffett.

1. Menikah dengan orang yang tepat
Buffett menjadi biliuner melalui investasi yang pintar, tetapi keputusan terbesar dalam hidupnya bukanlah soal investasi, tetapi ketika dia memutuskan untuk menikah.

"Kamu ingin dekat dengan orang-orang yang menginspirasi. Dalam hal ini, salah satu orang terpenting adalah pasanganmu," kata Buffett dalam sebuah obrolan bersama Bill Gates tahun 2017.

Nasihat ini disampaikan berulang kali. Pada pertemuan tahunan Berkshire Hathaway tahun 2009, dia mengatakan: "Menikahlah dengan orang yang tepat. Saya serius. Itu akan membuat hidupmu berbeda, mengubah aspirasimu dan lain-lainnya".

2. Investasi pada diri sendiri
"Investasi terbaik adalah pada diri sendiri," ujar Buffett kepada pemimpin redaksi Yahoo Finance Andy Serwer awal tahun ini.

Buffett menyarankan untuk belajar berkomunikasi lebih baik, baik secara lisan maupun tulisan. Kemampuan berkomunikasi yang baik akan meningkatkan nilai Anda sebesar 50 persen.

Lalu Buffet menyarankan agar menjaga kesehatan jasmani dan rohani selagi muda. "Anda cuma punya satu pikiran dan badan dan Anda tidak bisa mulai mengurusnya waktu sudah umur 50," kata Buffett.

3. Bergaul dengan orang-orang berkualitas tinggi
Dalam buku “Getting There: A Book of Mentors,” yang ditulis Gillian Zoe Segal, Buffett mengatakan: "Supaya sukses, kelilingi dirimu dengan orang-orang yang lebih hebat darimu". Dia mengatakan kebiasaan baik "high grade people" akan menular.

4. Bekerja untuk seseorang yang Anda kagumi
"Cobalah bekerja untuk seseorang yang Anda kagumi. Belum tentu Anda akan bekerja di tempat yang sama 10 tahun kemudian, tetapi dalam perjalanannya, Anda memiliki kesempatan untuk belajar banyak," kata Buffett kepada Segal.

Buffett juga mengatakan bahwa gaji itu penting, tetapi bukan segala-galanya.

5. Abaikan "suara-suara bising"
Berinvestasi bisa menjadi sangat emosional. Kadang-kadang melihat laporan saham atau berita tidak membantu. Nasihat Buffett soal berinvestasi adalah menjaga kepala dingin, tetap tenang, dan di jalur yang benar, meskipun pasar sedang anjlok.

"Sejujurnya saya tidak memperdulikan pendapat ekonom-ekonom. Kalau kita lihat sejarahnya, ekonom itu tidak menjadi kaya dengan jual beli saham, tetapi investor justru mendengarkan mereka. Di situ saya merasa terganggu," kata Buffett.

6. Sukses tidak diukur dengan uang
Menjadi salah satu orang terkaya di dunia, Buffett tidak mengukur dirinya dengan uang. Baginya, yang terpenting adalah kasih sayang dari orang-orang terdekatnya.

"Cinta tanpa syarat adalah hadiah terbaik yang bisa Anda dapatkan," kata Buffett dalam sebuah bincang-bincang dengan mahasiswa-mahasiswa MBA tahun 2008.

"Semakin banyak kasih sayang yang Anda berikan, Anda akan mendapatkan dua kali lipatnya. Namun, jika Anda terlalu mengekang, cinta itu akan hilang," ujar Buffett.



Sumber: CNBC