Pemohon Hunian DP Nol Rupiah Dapat Kredit dari Bank DKI

Pemohon Hunian DP Nol Rupiah Dapat Kredit dari Bank DKI
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (tengah) didampingi Direktur Utama Bank DKI, Zainuddin Mappa (kedua dari kiri) dan Direktur Kredit UMK & Usaha Syariah, Babay Parid Wazdi (kedua dari kanan) sedang menyaksikan proses akad kredit Hunian Program DP 0 Rupiah di Kelapa Village, Jakarta (31/08/2019). ( Foto: Beritasatu Photo/Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Minggu, 1 September 2019 | 12:12 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, secara simbolis meresmikan hunian DP Nol Rupiah Klapa Village dan melakukan penyerahan kunci kepada calon penghuni program hunian DP Nol Rupiah Solusi Rumah Warga (Samawa) di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Sabtu (31/8/2019).

"Sungguh sebuah kebahagiaan tersendiri. Hari ini kita menyaksikan sebuah menara yang nantinya akan dihuni oleh masyarakat yang mereka terlibat dalam program Rumah DP Nol Rupiah," kata Anies Baswedan.

Baca Juga: DKI Ajak Pengembang Bangun Rumah DP Nol Rupiah

Anies juga memberikan apresiasi kepada para pengembang, Dinas Perumahan dan BUMD terkait seperti Bank DKI yang menyediakan fasilitas kredit untuk pemohon program DP Nol Rupiah.

"Program DP Nol Rupiah merupakan tanda hadirnya negara untuk menyelesaikan permasalahan struktural terkait kepemilikan properti bagi masyarakat DKI Jakarta," tambah Anies Baswedan.

PT Bank DKI yang ditugaskan sebagai bank pelaksana program tersebut turut hadir dalam mensukseskan acara Festival Samawa DP Nol Rupiah yang secara bersamaan melakukan penandatanganan akad kredit kepada calon penghuni Klapa Village.

Baca Juga: Anies Serahterimakan Kunci kepada Penghuni Tower Samawa

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini, menyampaikan, calon penghuni hari ini telah melewati berbagai proses seleksi dan telah memenuhi kriteria untuk dapat difasilitasi pembiayaan kepemilikan dengan skema DP Nol Rupiah oleh Bank DKI.

"Program ini didesain untuk masyakat yang berpenghasilan rendah, seperti masyarakat yang mampu mengontrak rumah, namun tidak mampu mengumpulkan uang untuk membayar DP rumah, tapi masih memiliki uang untuk membayar sewa kontrak bulanan. Nah, dengan skema ini dapat mengalihkan alokasi biaya kontrak bulanan menjadi pembayaran cicilan kepemilikan rumah," kata Herry Djufraini kepada Beritasatu.com, Minggu (1/9/2019).

Program rumah DP Nol Rupiah Samawa Klapa Village tersedia dalam 3 tipe, mulai dari tipe studio dengan luas 21 meter persegi (m2) hingga 35 m2 untuk tipe dua kamar tidur. Hunian tersebut telah siap huni, tanpa uang muka, bebas biaya administrasi, bebas provisi kredit, bebas biaya akad dan ppjb, tenor kredit hingga 20 tahun, dengancicilan hanya Rp 1.219.598 sampai Rp 2.255.095.

Herry Djufraini menambahkan, program fasilitas pembiayaan DP Nol Rupiah dilakukan secara bertahap. Selain Klapa Village, kedepannya juga akan dibangun hunian di wilayah Cilangkap serta beberapa wilayah lain yang sedang dalam tahap kerjasama dengan pengembang swasta dengan mempertimbangkan tingkat permintaan dan kebutuhan warga.

"Dengan terlaksananya Festival Samawa DP Nol Rupiah, merupakan langkah awal dari dari penyelesaian permasalahan perumahan bagi warga Jakarta. Bank DKI akan terus mendukung Pemprov DKI Jakarta, sehingga apa yang menjadi harapan Bapak Gubernur dapat terwujud, dimana semua warga Jakarta setahap demi setahap nantinya bisa memiliki rumah milik mereka sendiri dan membawa mereka dalam eskalator kenaikan properti yang ada di Jakarta," tutup Herry Djufraini.



Sumber: BeritaSatu.com