Milenial Minati Proyek Rumah Subsidi di Tangerang

Milenial Minati Proyek Rumah Subsidi di Tangerang
Ilustrasi perumahan. ( Foto: Antara / Raisan Al Farisi )
Feriawan Hidayat / FER Selasa, 3 September 2019 | 20:16 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Saat ini, harga tanah atau rumah cukup tinggi, apalagi di kota besar seperti Jakarta. Bagi para pekerja yang mencari uang di ibu kota, memiliki tempat tinggal di Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi menjadi pilihan karena harga yang masih bisa dijangkau.

Selain itu, program rumah subsidi dari pemerintah turut membantu masyarakat bergaji UMR untuk memiliki rumah dengan cepat. DP ringan serta cicilan murah membuat rumah subsidi banyak diminati, terutama bagi kaum milenial untuk berinvestasi.

Bahkan bulan Juni 2019, kuota rumah subsidi Bank BTN telah habis. Meski begitu, pembeli tidak perlu takut karena tetap dapat menikmati subsidi melalui bank lain.

"Kalau kuota bank BTN sudah habis, nanti pembeli dialihkan ke bank lain seperti bank Arta Graha," tutur Diantia Amendy, agen properti yang sudah lama berkecimpung di dunia real estate dalam keterangannya kepada Beritasatu.com, Selasa (3/9/2019).

Dianti mengatakan, tingkat pembelian rumah subsidi cukup tinggi, terutama di kalangan menengah ke bawah dengan usia rata-rata 30 tahun ke bawah. "Biaya cicilan Rp 900.000 per bulan membuat mereka yang bergaji UMR merasa terbantu untuk memiliki rumah dengan harga rendah," jelasnya.

Diantia menambahkan, para pembeli harus berhati-hati dalam memilih developer. Sebaiknya, cari tahu profil dan lihat reputasi pengembang. "Akan lebih baik jika mempercayakan pada developer besar seperti Modernland, Lippo, Sinarmas Land atau Ciputra," tambahnya.

Selain harga yang ditawarkan, kata Dianti, prospek pembangunan yang menjanjikan di daerah sekitar perumahan menjadi pertimbangan milenial dalam memilih rumah. Sebut saja misalnya, Perumahan Taman Adiyasa yang berlokasi di Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang. "Perumahan ini, sekarang jadi sorotan para calon pembeli milenial," kata Diantia.

Dianti menambahkan, kawasan Solear sendiri memiliki tempat wisata alam yang sedang populer seperti Kandang Godzila atau Tebing Koja. Banyak wisatawan yang datang untuk menikmati pemandangan tebing curam hasil pahatan alam dipadu jernihnya air sungai dan hijaunya sawah disekitarnya.

"Selain itu, Tebing Koja dekat dengan wisata lainnya sepertu Danau Biru Cigaru. Memiliki rumah yang berdekatan dengan tempat wisata tentunya juga menguntungkan untuk melepas penat bersama keluarga," pungkas Dianti.



Sumber: BeritaSatu.com