Radisson Hotel Group Siapkan Ekspansi di Indonesia

Radisson Hotel Group Siapkan Ekspansi di Indonesia
Chief Development Officer Asia Pasific, Ramzy Fenianos (kiri) bersama President Radisson Group Asia Pacific, Katerina Giannouka, di Radisson Blu Uluwatu, Bali, Kamis 5 September 2019. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Jumat, 6 September 2019 | 13:53 WIB

Uluwatu, Beritasatu.com - Radisson Hotel Group (RHG), brand hotel kelas atas internasional, tengah menjajaki untuk memperluas ekspansi bisnisnya di Indonesia dan kawasan Asia Pasifik. Pertumbuhan ekonomi (khususnya sektor pariwisata) di kawasan ini, menjadi pertimbangan RHG untuk memperluas jaringaan hotelnya.

Sebelum hadir di Indonesia, RHG sendiri sudah terlebih dahulu mengoperasikan sejumlah hotel di Shanghai (Tiongkok), Thailand, Singapura, serta New Delhi (India), serta beberapa negara yang ada di kawasan Asia Pasifik.

Group's Executive Leadership Committee Radisson Group Hotel Asia Pacific, Katerina Giannouka, mengatakan, meningkatnya tingkat kemakmuran, populasi kaum muda, dan ekonomi yang berkembang, menghadirkan peluang yang menarik bagi RHG untuk melakukan ekspansi di Indonesia.

"Indonesia merupakan salah satu negara berkembang, dimana pertumbuhan pariwisatanya meningkat dari tahun ke tahun dan menjadi salah satu destinasi liburan bagi international travellers. Hal itu, membuat RHG merasa perlu mendorong pertumbuhan strategis dengan melakukan ekspansi jaringan hotel," ujar Katerina Giannouka kepada Beritasatu.com, di Radisson Blu Uluwatu, Bali, Kamis (5/9/2019) malam.

Katerina mengatakan, melalui langkah ekspansi ini, RHG telah memperkenalkan dua dari tujuh brand hotel yang dimilikinya, yaitu Radisson dan Radisson Blu. "Saat ini, ada 4 kota yang dipilih oleh Radisson Group untuk membuka dan mengoperasikan hotelnya di Indonesia yaitu, Batam, Medan, Lampung, serta Bali," terangnya.

Katerina menambahkan, kedepannya akan ada beberapa target dari RHG untuk memperluas ekspansi ke kota-kota besar lainnya di Indonesia, termasuk membuka kantor perusahaan di Jakarta pada tahun ini.

"Pembukaan kantor perusahaan kami di Jakarta tahun ini mencerminkan komitmen RHG terhadap pasar Indonesia. Tentunya, ekspansi tersebut bisa dilakukan apabila pengelolaan di empat kota yang saat ini sudah berjalan dapat berhasil dengan baik. Kami akan membagikan detail lebih lanjut tentang lokasi dan brand yang kami rencanakan untuk diperkenalkan ke pasar ketika waktunya tepat," tegasnya.

Katerina menambahkan, kinerja RHG di Indonesia telah mencapai pertumbuhan yang sehat, didorong oleh permintaan di semua hotel. Pertumbuhan tersebut, didorong oleh segmen middle-class travel yang meningkat dan lebih banyak terjadi di dalam negeri atau banyak dari mereka yang memilih staycations untuk liburan.

Selain itu, tingkat hunian (okupansi) hotel juga menunjukkan kinerja 10 persen di atas tolok ukur industri sebesar 60,9 persen. Selain itu, tarif harian rata-rata atau average daily rate (ADR) hotel yang menunjukkan berapa banyak pendapatan yang dihasilkan per kamar, kira-kira 25 persen di depan dari tolok ukur industri sebesar US$ 71,70.

"Pendapatan per kamar yang tersedia atau revenue per available room (RevPAR) kami sekitar 38 persen di atas tolok ukur industri sebesar US$ 43,70. Baik Radisson Blu Bali Uluwatu dan Radisson Golf & Convention Centre Batam, menempati peringkat pertama dalam set kompetitif STR, tolok ukur yang digunakan di antara sektor perhotelan global untuk mengukur kinerja hotel Radisson Hotel Group terhadap pesaing,” kata Katerina Giannouka.

Chief Development Officer Asia Pacific, Ramzy Fenianos, menambahkan, kota-kota yang menjadi pilihan ekspansi tersebut, khususnya untuk brand Radisson Blu, dikarenakan fokus wisatawan di kota-kota besar seperti Jakarta, akan lebih banyak memilih melakukan aktivitas di luar hotel atau resort.

"Adapun tujuan dari brand Radisson Blu yang merupakan upper upscale hotel dengan target wisatawan menengah ke atas adalah memberikan fasilitas yang lengkap dan terbaik agar para pelanggan lebih banyak mendapatkan kualitas waktu beristirahat di area hotel,” jelas Ramzy Fenianos.

Ramzy menambahkan, selain mengincar sejumlah kota besar sebagai target ekspansi, RHG juga membidik 10 destinasi wisata prioritas yang sedang dikembangkan oleh pemerintah Indonesia, untuk mengejar target kunjungan 20 juta wisatawan di tahun 2020. "Pertimbangan ini diambil oleh Radisson Group seiring dengan target pemerintah Indonesia yang menjadikan pariwisata sebagai sektor prioritas bagi perekonomian," tandasnya.

Menyoal strategi yang dilakukan RHG untuk menarik wisatawan untuk tinggal di brand hotel RHG, Ramzy mengatakan, kehadiran Radisson Hotel Group dan Radisson Hotel Rewards Program telah membantu dalam menarik perhatian dan meningkatkan awareness hotel yang dioperasikan oleh RHG di Indonesia.

"Para tamu yang mengunjungi hotel kami dapat merasa nyaman dengan keakraban dan confidence mereka dengan penawaran dan standar kami. Every Moment Matters merupakan etos RHG dan elemen signature di semua area bisnis yang membedakan kami dari pesaing. Kami menginspirasi para wisatawan dengan pengalaman tak terlupakan di setiap masa menginap mereka di hotel kami dengan memperhatikan detail kecil yang membuat perbedaan besar," pungkas Ramzy Fenianos.

 



Sumber: BeritaSatu.com