IEAE 2019 Hadirkan Inovasi Produk Elektronik

IEAE 2019 Hadirkan Inovasi Produk Elektronik
Pengunjung melihat-lihat barang eletroknik di Electronic City SCBD, Jakarta, pekan lalu. ( Foto: BeritaSatu Photo/David Gita Roza )
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Rabu, 18 September 2019 | 17:32 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Chaoyu Expo untuk ketiga kalinya menyelenggarakan Indonesia International Electronics & Smart Appliance Expo 2019 (IEAE) di JIExpo Kemayoran Jakarta pada 25 – 27 September 2019. Pameran dagang yang diikuti ratusan perusahaan dari Tiongkok, Indonesia, dan Malaysia ini menghadirkan produk elektronik terkini.

“Sejak kali pertama digelar, pameran IEAE memperlihatkan tren yang terus meningkat dilihat dari empat aspek yakni area pameran, jumlah peserta, jumlah dan kualitas pengunjung, dan terpenting penjualan dari para peserta," kata General Manager Chaoyu Expo, selaku penyelenggara pameran Jason Chen dalam keterangan yang diterima redaksi Rabu (18/9/2019).

Memasuki tahun ketiga, pameran kali ini menempati area seluas 12.000 m2, atau meningkat dari tahun 2018 yang hanya 8.000 m2. Selain itu, jumlah peserta meningkat 30 persen, dan jumlah stan bertambah 65 persen menjadi 413 stan pada tahun ini. Untuk jumlah produk, pada tahun ini mencapai 31.000 produk, melonjak dibandingan tahun lalu 25.000 jenis produk.

Paviliun pameran juga menjadi semakin profesional dimana para eksibitor akan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan kehadiran robot selama pameran. Jumlah buyer yang telah melakukan pendaftaran online saat ini mencapai 12.083. Sementara pengunjung ditargetkan lebih dari 20.000 orang. "Perkembangan ini memperlihatkan pertumbuhan industri elektronik di Indonesia, dan secara khusus kepercayaan dunia elektronik baik dalam dan luar negeri kepada pameran IEAE,” kata Jason Chen.

Sejumlah merek dari Tiongkok akan hadir pada IEAE 2019 seperti Remax, Shenzhen Shinyloam Electronics Co, Ltd, DongGuan WeiDaer Company Limited, DongGuan Unigarden Company Limited, Guangzhou Huge Circle Electronics Technology Co. Ltd, Jiangmen Geenwah Industri Co. Ltd, dan perusahaan lainnya.

Chaoyu Expo kata dia, menggandeng perusahaan lokal PT Peraga Nusantara Jaya Sakti sebagai partner di Indonesia. Tujuannya membantu perusahaan Tiongkok, Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara menjalin hubungan bisnis. "Kami berkomitmen menjadikan IEAE sebagai pameran B2B (business to business) paling profesional di Asia Tenggara,” kata Jason Chen.

Selama pameran, IEAE bersama dengan asosiasi pendukung akan menyelenggarakan seminar dan workshop secara bersamaan. IEAE juga akan menggelar program hosted buyers dimana peserta dapat teknologi terbaik di pasar.

"Dengan digelarnya pameran yang ke-3 tahun 2019 ini Chaoyu Expo optimistis industri elektronik akan berkembang dan berperan dalam kemajuan perekonomian Indonesia," kata Jason Chen.

Pameran International Electronic & Smart Appliances 2019 didukung Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Aptiknas), Asosiasi Sistem Integrator dan Sekuriti Indonesia (Asisindo), Asosiasi Industri Perlampuan Listrik Indonesia (Aperlindo), Guangdong Electronic Chambers of Commerce & Dongguan Electronic Industry Association Tiongkok, serta Kementerian Perdagangan Luar Negeri Indonesia, Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia, Kamar dagang Elektronik Tiongkok.



Sumber: BeritaSatu.com