Wall Street Naik Karena Tingkat Pengangguran Berkurang

Wall Street Naik Karena Tingkat Pengangguran Berkurang
Ilustrasi bursa saham AS Wall Street. (Foto: AFP / Johannes Eisele)
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Sabtu, 5 Oktober 2019 | 07:48 WIB

New York, Beritasatu.com- Bursa saham Amerika Serikat (AS) Wall Street pada perdagangan Jumat malam waktu setempat atau Sabtu pagi WIB (5/10/2019) ditutup menguat.

Dow Jones melonjak 1,42 persen menjadi 26.573,72. Sementara indeks S&P 500 melompat 1,42 persen ke level 2.952,01 dan indeks Nasdaq Composite menguat 1,4 persen di level 7.982,47.

Kenaikan bursa saham AS setelah pertumbuhan pekerjaan Amerika Serikat (AS) bulan September 2019 tumbuh moderat. Tingkat pengangguran AS yang turun menghapuskan kekhawatiran bahwa AS masuk ke jurang resesi.

Tingkat pengangguran AS mencapai 3,5 persen pada bulan September 2019, dengan pertumbuhan pekerjaan yang meningkat secara moderat. Tingkat pengangguran itu mendekati level terendah dalam 50 tahun.

"Data ini tidak cukup kuat untuk menggeser kebijakan Federal Reserve soal pemotongan suku bunga pada akhir Oktober ini. Tetapi juga tidak cukup lemah untuk membuat Anda khawatir tentang pasar tenaga kerja atau konsumen," kata Kepala Strategi Investasi Citi Personal Wealth Management Shawn Snyder, di New York.

The Fed memangkas suku bunga pada bulan September untuk kedua kalinya tahun ini dan menyatan penurunan suku bunga di masa depan akan tergantung data ekonomi AS.



Sumber: Reuters