Perkuat Koordinasi dengan Notaris, BTN Rilis Web e-Mitra Operation

Perkuat Koordinasi dengan Notaris, BTN Rilis Web e-Mitra Operation
Jajaran Direksi BTN saat peluncuran aplikasi berbasis web yang dapat mempercepat proses penyelesaian dokumentasi KPR oleh Notaris/PPAT di Jakarta, Rabu (16/10/2019). ( Foto: istimewa / - )
Mashud Toarik / MT Rabu, 16 Oktober 2019 | 17:17 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Dalam rangka meningkatkan kualitas kredit dan layanan kepada debitur, khususnya debitur Kredit Pemilikan Rumah (KPR), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meluncurkan aplikasi berbasis website, e-Mitra Operation.

Plt. Direktur Utama Bank BTN, Oni Febriarto Rahardjo mengatakan aplikasi tersebut merupakan upaya dalam mempercepat penyelesaian dokumentasi kredit.

“Web e-Mitra berfungsi sebagai tools penunjang kerja sama dengan mitra, mulai dari pengajuan permohonan, monitoring hingga evaluasi atas kinerjanya,” urai Oni Febriarto saat meluncurkan website e-Mitra Operation di Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Adapun salah satu mitra Bank BTN dalam hal ini adalah para Notaris/Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT).

Disampaikan Oni, website tersebut akan memudahkan koordinasi dengan Notaris/PPAT dalam hal pemenuhan komitmen mereka guna menyelesaikan dokumentasi kredit/pembiayaan para debitur Bank BTN sekaligus memberikan standarisasi sistem serta bentuk transparansi proses, prosedur, tugas dan wewenang maupun peran masing-masing dalam setiap proses kesepakatan perjanjian.

Oni juga berharap, setelah implementasi e-Mitra Operation pelaksanaan kerja sama dengan Rekanan perkreditan/pembiayaan Bank BTN khususnya Notaris/PPAT akan semakin baik, distribusi pekerjaan akan merata dan penyelesaian komitmen Notaris/PPAT akan termonitor dengan tertib, sehingga Notaris/PPAT Rekanan dapat lebih fokus dalam menyelesaikan dokumen yang menjadi tanggung jawabnya dan komitmen Bank BTN dalam memberikan layanan prima pada debitur bisa tercapai.

Sementara itu, Direktur IT & Operation Bank BTN, Andi Nirwoto menambahkan, website tersebut merupakan salah satu bentuk digitalisasi dan transformasi dalam sistem perbankan di BTN untuk menunjang bisnis utamanya.

“Selain Notaris/PPAT, nantinya web e-Mitra Operation diperuntukkan bagi rekanan penunjang perkreditan/pembiayaan seperti KJPP, KAP, Konsultan Pengawas, Perusahaan Asuransi dan Balai Lelang, namun untuk saat ini web tersebut baru mengakomodir kerja sama dengan Notaris/PPAT,” kata Andi.

Setelah merilis web https://emitra.btn.co.id, Bank BTN mengaku akan melakukan sosialisasi penggunaan web e-Mitra Operation dengan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah dan Ikatan Notaris Indonesia agar dapat dimanfaatkan dengan baik.



Sumber: Majalah Investor