RI-Singapura Tindaklanjuti Kerja Sama Ekonomi Digital

RI-Singapura Tindaklanjuti Kerja Sama Ekonomi Digital
Joko Widodo. ( Foto: Antara )
Novy Lumanauw / WBP Minggu, 20 Oktober 2019 | 13:15 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik keinginan Pemerintah Singapura untuk meningkatkan kerja sama dengan Indonesia di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi. Kesepakatan itu dicapai dalam pertemuan antara Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

“Bapak Presiden dan PM Menteri Singapura membahas beberapa tindak lanjut kerja sama, di antaranya terkait digital economy,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Menlu mengatakan, PM Lee selama berada di Indonesia akan menghadiri upacara pengucapan sumpah dan janji Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin sebagai Presiden Republik Indonesia - Wakil Presiden Republik Indonesia di depan sidang Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia.

Sebelumnya, PM Lee didampingi Duta Besar Republik Singapura untuk Republik Indonesia Anil Kumar, menggelar pertemuan dengan kalangan pengusaha nasional yang dipimpin Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani.

Sedangkan dalam pertemuan Presiden Jokowi dan PM Lee, pada 7 Oktober lalu di Singapura, telah disepakati bahwa Indonesia dan Singapura akan memperpanjang kerja sama keuangan antara Bank Indonesia dan Bank Sentral Singapura di bidang pengelolaan likuiditas valas secara bilateral.

Baik Presiden Jokowi maupun PM Lee sepakat untuk meningkatkan stabilitas dan pengembangan ekonomi di kawasan.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menawarkan kepada PM Lee terkait berbagai peluang kerja sama pendanaan untuk sejumlah proyek infrastruktur di Indonesia, di antaranya proyek kereta api Makassar-Parepare dan bandar udara di Labuan Bajo.



Sumber: Investor Daily