BCA dan AIA Jamin Manfaat 500% Premi Tahunan Program Pensiun

BCA dan AIA Jamin Manfaat 500% Premi Tahunan Program Pensiun
PT Bank Central Asia Tbk bekerja sama PT AIA Financial meluncurkan produk terbarunya, asuransi dana pensiun 'Proteksi Retirement Maksima (RetirePlan)' di Kaum Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (30/10/2019). (Foto: Suara Pembaruan / Unggul Wirawan)
Unggul Wirawan / WIR Jumat, 1 November 2019 | 19:57 WIB

Jakarta, Beritasatu.com- PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan PT AIS Financial (AIA) meluncurkan asuransi dana pensiun bernama Proteksi Retirement Maksima (RetirePlan) di Jakarta, Rabu (30/10). Program ini menjamin manfaat 130% premi tahunan dan manfaat akhir polis hingga 500% premi tahunan.

Saat peluncuran di Jakarta, Rabu (30/10), Senior Executive Vice President Wealth Management BCA, Christine Setyabudhi menjelaskan RetirePlan ini merupakan asuransi jiwa tradisional dengan pilihan pembayaran premi selama 5,10,15 atau 20 tahun.

“Pilihan masa pembayaran itu memberikan jaminan manfaat tahunan selama 15,20, 25, atau 30 tahun. Manfaat tahunan dijamin hingga 130% premi tahunan dan manfaat akhir polis dijamin hingga 500% premi tahunan,” tambahnya.

Meskipun mensyaratkan biaya premi minimal Rp 24 juta per tahun, Christine mengatakan produk RetirePlan ini ditujukan bagi semua segmen. Hal itu disebabkan mayoritas dari 18 juta nasabah BCA adalah wirausaha. RetirePlan ini menjadi wadah bagi para nasabah untuk mempersiapkan pensiun.

“Target kami tentu menjual produk ini sebanyak-banyaknya. Tapi meskipun baru soft launching, ada sekitar 300 polis yang dibeli. Jadi menurut kami inilah produk yang dinantikan. Produk ini bisa didapat di semua cabang BCA. Kami juga punya aplikasi mobile bernama Welma yang beri informasi,” paparnya.

Chief Marketing Officer AIA Lim Chet Ming menambahkan AIA sudah lama bekerja sama dengan BCA. Banyak responden menginginkan produk jaminan hari tua. Pasalnya sekitar 70% orang yang sudah tua bergantung finansial pada orang lain.

“Usia masuk bisa dari usia 18 tahun hingga 70 tahun. Jadi masa pensiun itu bukan sekadar masa nonaktif tapi juga menunggu. Pembayaran preminya juga dibuat fleksibel ada yang 5,10,15 atau 20 tahun. Untuk pembayaran premi 15 tahun, masa perlindungan selama 25 tahun,” ujar Chief Marketing Officer AIA Lim Chet Ming mengatakan Pilihan manfaatnya Chief Marketing Officer AIA Lim Chet Ming.

Kesadaran Rendah

Berdasarkan AIA Segmentation Study (2018-2019) salah satu penyebab rendahnya kesadaran masyarakat dalam mempersiapkan dana pensiun adalah harapan yang tinggi (46% bahwa kelak anak-anak atau kerabat keluarga akan membantu menanggung biaya hidup pada masa pensiun.

Pada kesempatan itu, Wakil Presiden Direktur BCA Suwignyo Budiman mengutip data BPS soal jumlah penduduk Indonesia yang berjumlah 260 juta jiwa. Dari jumlah itu, 68% atau sekitar 180 juta berada dalam usia produktif. Tapi tidak semua orang yang masuk usia produktif bekerja. Tapi tidak semua orang yang di usia produktif mau dan bisa bekerja dan pekerja sektor non formal biasanya tidak memiliki program jaminan hari tua.

Suwignyo mengatakan masih ada pekerja usia produktif yang belum merencanakan masa tuanya. Sementara masa pensiun tidak bisa dipersiapkan mendadak, dan butuh persiapan mental dan finansial.

“Kami sudah lama sekali kerja sama dengan AIA. Jadi ini sebenarnya mirip asuransi tapi tabungan yang terproteksi. Produk ini menjamin masa pensiun kita terproteksi dengan baik. Kami berharap RetirePlan dapat memberikan manfaat proteksi kepada para pekerja untuk merancang dana hari tua secara terencana sehingga jika terjadi risiko dana kebutuhan dapat tetap terpenuhi” ujarnya.



Sumber: Suara Pembaruan