Antisipasi Rilis PDB, IHSG Diprediksi Melemah

Antisipasi Rilis PDB, IHSG Diprediksi Melemah
Ilustrasi IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan). (Foto: ANTARA FOTO / Aprillio Akbar)
Faisal Maliki Baskoro / FMB Selasa, 5 November 2019 | 08:50 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Hariyanto Wijaya, analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia, mengatakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperdagangkan lebih rendah -0.4 persen pada hari Senin (4/11/2019) dipimpin oleh penurunan di sektor konsumen dan keuangan karena investor domestik mengambil keuntungan untuk mengantisipasi potensi pertumbuhan PDB 3Q19 Indonesia yang lebih lemah.

Sementara itu, investor asing membukukan pembeli bersih Rp 240,3 miliar kemarin. Investor mengawasi data PDB Indonesia 3Q19 yang akan dipublikasikan hari ini pada jam 11 pagi (median Bloomberg survei 5.0 persen YoY vs pertumbuhan PDB 2Q19 5,05 persen YoY).

"Kami perkirakan IHSG akan diperdagangkan mixed cenderung turun hari ini karena potensi perlambatan pertumbuhan PDB 3Q19," kata dia.

Indeks AS ditutup naik pada hari Senin dengan Dow, S&P 500, dan Nasdaq ditutup pada level tertinggi sepanjang masa karena optimisme perdagangan AS-Tiongkok memicu kenaikan. Ekspektasi meningkat untuk kesepakatan perdagangan parsial yang akan ditandatangani pada bulan ini. Sekretaris Perdagangan AS berkomentar pada akhir pekan bahwa Washington dan Beijing membuat 'kemajuan yang baik' dalam negosiasi, dan perusahaan-perusahaan AS harus diberikan lisensi untuk melakukan bisnis dengan raksasa telekomunikasi China Huawei Technologies 'secepatnya.'

 



Sumber: BeritaSatu.com