FTUI Bidik Milenial Lewat Mobile Game

FTUI Bidik Milenial Lewat Mobile Game
Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro. ( Foto: Dok )
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Sabtu, 9 November 2019 | 10:18 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menyasar generasi milenial mulai usia SMA, SMP hingga SD untuk mengenal dunia enginering melalui mobile game bertajuk “Let’s Go FTUI” yang diluncurkan pada FTUI EXPO dalam rangka Dies Natalis FTUI ke-55 di Jakarta, Jumat (8/11/2019). Mobile Game “Let’s Go FTUI” dapat di -download gratis melalui playstore. Mobile Game ini juga dilengkapi panduan sehingga memudahkan penggunanya.

"Mobile Game “Let’s Go FTUI” ini diciptakan sebagai usaha memperkenalkan FTUI sesuai tren terkini di kalangan generasi muda Indonesia," kata Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia Hendri D.S. Budiono dalam keterangan resmi yang diterima Sabtu (10/11/2019).

Hendri D.S. Budiono mengungkapkan, mobile game ini bersifat edutaiment yang merupakan perpaduan game dan edukasi. "Banyak informasi umum tentang FTUI yang bisa diperoleh dari media mobile game ini, yaitu merasakan berada di lingkungan kampus FTUI dan bisa mencari tahu semua informasi setiap departemennya," kata Hendri D.S. Budiono.

Selain itu, mobile game memberi informasi program pendidikan dalam bentuk karakter kartun 3D yang menyerupai bentuk aslinya, fasilitas pendidikan FTUI, mata kuliah, desain ruangan, profil lulusan/alumni, dan kantin.

Game mobile “Let’s go FTUI” ini merupakan kategori game casual sehingga mudah dimainkan oleh semua kalangan, dengan cara melakukan tapping/sentuhan pada layar. "Game ini diharapkan dapat menarik calon mahasiswa FTUI maupun yang masih SMP & bahkan SD," kata Hendri D.S. Budiono.

Game mobile ini merupakan sebuah pijakan awal dan akan dilanjutkan dengan bentuk-bentuk simulasi lain dari beberapa mata kuliah, sehingga terkesan nyata.

Ketua Ikatan Alumni Fakultas Teknik Universitas Indonesia Cindar Hari Prabowo mengatakan FTUI telah menghasilkan banyak karya hasil riset mahasiswa dan dosen yang menjadi solusi bagi negara dan mengharumkan nama Indonesia di kacah dunia.

Sementara Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro mendorong mahasiswa dari Fakultas Teknik di Tanah Air untuk berperan aktif membumikan engineering atau teknik bagi Indonesia.

"Sudah saatnya untuk membumikan engineering ke dalam bahasa masyarakat awam, sebab dampaknya dapat dirasakan masyarakat luas," kata Bambang Brodjonegoro di Jakarta saat menjadi Keynote Speaker Talk Show yang digelar FTUI di arena FTUI Expo, Mall Pondok Indah.

Civitas akademika kata dia perlu memperkenalkan produk-produk inovasi hasil risetnya. "Kami terus mendorong agar mahasiswa dapat memperkuat riset dan diharapkan dapat terus bergulir menjadi invensi," kata Bambang Brodjonegoro.

Dia mengatakan, idealnya riset dapat dilanjutkan pada komersialisasi hingga produksi massal. "Saya berharap rekan-rekan teknik terus berkontribusi dan berinovasi yang dampaknya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat Indonesia," ujar Bambang Brodjonegoro.

Sebagai gambaran, Fakultas Teknik UI mengedepankan riset adaptif dan solutif terhadap permasalahan bangsa dan membawanya ke tengah masyarakat melalui Expo dan Pameran Produk Riset Inovasi Unggulan Fakultas Teknik UI di Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan pada 7-10 November 2019, dengan harapan dapat meningkatkan minat generasi muda terhadap teknologi dan profesi perekayasa (engineer).



Sumber: BeritaSatu.com