Wall Street Naik Tipis Menyusul Negosiasi Perdagangan AS-Tiongkok

Wall Street Naik Tipis Menyusul Negosiasi Perdagangan AS-Tiongkok
Ilustrasi bursa saham AS Wall Street. ( Foto: AFP / Johannes Eisele )
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Selasa, 19 November 2019 | 08:54 WIB

New York, Beritasatu.com- Bursa saham Amerika Serikat (AS) Wall Street pada perdagangan Senin malam waktu setempat atau Selasa pagi WIB (19/11/2019) ditutup menguat.

Dow Jones Industrial Average (DJIA) ditutup naik 31,3 poin (0,11 persen) mencapai 28.036, Nasdaq composite index naik 9,1 (0,11 persen) mencapai 8.550, sedangkan S&P 500 index naik 1,6 poin (0,05 persen) mencapai 3.122.

Saham di bursa AS sempat membukukan rekor baru pada hari Senin namun pada penutupan sedikit berubah karena investor mencerna sinyal pembicaraan perdagangan AS-Tiongkok.

Semula pasar menyambut Washington yang memberikan perpanjangan bagi perusahaan-perusahaan AS untuk melakukan bisnis dengan Huawei, ketika pembuat peralatan telekomunikasi Tiongkok itu dimasukkan ke dalam daftar hitam AS pada Mei.

Namun investor juga mempertimbangkan laporan CNBC mengutip sumber pemerintah Tiongkok yang mengatakan bahwa suasana di Beijing tentang kesepakatan perdagangan adalah pesimistis karena keengganan Presiden AS Donald Trump menurunkan tarif.

Hal ini setelah media Pemerintah Tiongkok mengatakan pada Sabtu (16/11/2019) bahwa kedua pihak telah mengadakan pembicaraan perdagangan "konstruktif", beberapa hari setelah Penasihat Ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow mengatakan mereka hampir mencapai kesepakatan.

Tujuh dari 11 sektor S&P 500 diperdagangkan lebih tinggi. Sektor energi mencatat kerugian saham persentase terbesar yang turun 1,32 persen karena harga minyak jatuh.

Pekan ini, investor akan mengalihkan perhatian ke risalah pertemuan kebijakan terbaru Federal Reserve (Fed), di mana bank sentral memangkas suku bunga untuk ketiga kalinya tahun ini.



Sumber: CNBC