Logo BeritaSatu

Bu Dewi, Menyulap Desa Terbelakang Jadi Destinasi Wisata

Kamis, 21 November 2019 | 09:32 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Ogan Ilir, Beritasatu.com - Satu dekade lalu Desa Burai, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan tergolong terbelakang. Banyak warganya yang belum memiliki WC, sehingga kegiatan mandi cuci kakus (MCK) dilakukan di Sungai Kelekar yang membelah kampung. Apalagi infrastruktur akses menuju desa ini tergolong minim.

Namun secara perlahan Desa Burai berbenah. Kepala desa mengomandani warganya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan, kebersihan hingga bergeraknya sektor riil. Hingga pada 2015 Desa Burai mengikuti Lomba Desa untuk pertama kalinya di tingkat kabupaten. Hasilnya tidak disangka, menyabet juara pertama. Pada 2016 Desa Burai ikut Lomba Desa tingkat provinisi, dan hasilnya tidak mengecewakan dengan meraih juara dua. "Lomba Desa menilai sejumlah aspek mulai tata kelola pemerintahan, kesehatan, lingkungan hingga pemebedayaan warga dan karang taruna," kata Pelaksana harian (Plh) Kades Burai M Tafdil ditemui sejumlah media di Desa Burai, Ogan Ilir, Rabu (20/11/2019).

Advertisement

Serentetan prestasi ini membuat Desa Burai mendapat perhatian. Alhasil akses jalan desa diperbaiki dan menjadi tuan rumah bidar mini (dayung) tingkat kabupaten pada 2016. Pada tahun yang sama juga, Burai dijadikan sebagai desa warna warni. Perhatian juga diberikan PT Pertamina EP yang ingin mewujudkan potensi menjadi nilai tambah bagi aspek wisata Sumsel, dengan membuat program CSR, Bu Dewi (Burai Desa Wisata). Bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, perusahaan merancang rencana strategis dengan sebelumnya melakukan observasi dan penelitian terkait Burai.

Bu Dewi, Menyulap Desa Terbelakang Jadi Destinasi Wisata

Pondok migas Pertamina EP Asset 2.

Prabumulih Field CSR Staff Erwin Hendra Putra mengatakan, program terdiri dari tiga pilar. Pertama peningkatan infrastruktur sarana serta pendampingan SDM kelompok masyarakat untuk dapat mengelola Burai sebagai destinasi wisata mandiri. Pembangunan tersebut meliputi establishment Kampung Warna-Warni, pembuatan spot wisata selfie, pembangunan Saung wisaya, pembangunan rumah galeri produk khas Burai, pembentukan kelompok sadar wisata (pokdarwis), pendampingan kesenian tari Beumme. "Kami juga mendorong fasilitas wisata air mulai kolam snorkling, ban berendam hingga berkeliling susur sungai. Kami coba mengaplilasikan wisata di Goa Pindul dan Unggul Ponggok di Yogyakarta," kata Erwin Hendra Putra.

Pilar kedua terkait kelompok usaha panganan. Pengolahan Makanan Berbahan Dasar Daging, Kulit, dan Tulang Ikan Berbasis Zero Waste, yaitu program peningkatan usaha kecil dan menengah khususnya pengolahan ikan yang merupakaan potensi Desa Burai.

Pilar ketiga adalah usaha kerajinan. Pemberdayaan Kelompok Pengrajin Purun Bebasis Lingkungan, yaitu memanfaatkan potensi Desa Burai yang kaya akan Purun. Purun sendiri adalah tanaman rumput gambut yang kerap menjadi kambing hitam kebakaran hutan dan lahan. "Dengan inovasi, komoditas ini digunakan sebagai bahan dasar kerajinan anyaman yang dapat diolah menjadi tikar, tas, sandal, tempat tisu, tempat sampah, hingga topi," kata Erwin Hendra Putra.

Bu Dewi, Menyulap Desa Terbelakang Jadi Destinasi Wisata

Destinasi wisata air Burai, Ogan Ilir, Sumsel.

Masih di pilar ketiga, yaitu Program Pemberdayaan Masyarakat Pengrajin Songket Khas Burai yang meliputi pendampingan dan pelatihan kelompok pengrajin songket yang memiliki kemampuan menenun songket dengan sangat baik, dengan pengembangan motif dan pemasaran.

Salah satu wadah pemasaran yang efektif adalah dengan mengikutsertakan dalam pameran, serta dengan dibangunnya galeri produk khas Burai bisa menjadi tempat pemasaran yang cukup efektif bagi wisatawan yang mengunjungi Desa Burai. "Sudah banyak wisatawan asing yang ke sini mulai dari Singapura, Jerman dan Malaysia," kata Erwin Hendra Putra.

Ndirga Andri Sisworo, Asset 2 Prabumulih Field Manager menyampaikan, program Bu Dewi yang telah memperoleh penghargaan The Best Nusantara CSR Awards 2019 by LaTofi School of CSR ini diharapkan bisa mengubah kehidupan local community di desa yang sebelumnya tertinggal, terpencil menjadi desa yang bergairah dan berdaya. "Seirama dengan tujuan utama program ini, yaitu untuk mendongkrak dan meningkatkan citra desa Burai sebagai destinasi wisata di kabupaten Ogan Ilir, dalam peningkatan pariwisata daerah," kata Ndirga Andri Sisworo.

Dengan semakin menanjaknya popularitas Desa Burai, diharapkan program ini mampu menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk kemajuan daerah terutama bidang pariwisata. Sehingga lebih banyak lagi penggemar traveling berkunjung dan menjadikan Sumsel sebagai salah satu destinasi domestik yang indah. "Keberhasilan program menjadi kebanggaan perusahaan serta sebagai wujud partisipasi peran dalam memberikan additional value bagi masyarakat," kata Ndirga Andri Sisworo.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sesi I, IHSG Hari Ini Kokoh di 6.929

Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 64,3 (0,94%) ke level 6.929,1 pada penutupan sesi pertama perdagangan hari ini, Jumat (27/1/2023).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Kurs Rupiah Hari Ini Melemah 30 Poin ke Rp 14.975

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terpantau melemah ke kisaran Rp 14.975 pada perdagangan hari ini, Jumat (26/1/2023).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Lagi, Saratoga Siapkan US$ 150 Juta untuk Investasi

PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) kembali menganggarkan dana US$ 150 juta untuk kegiatan investasinya tahun ini.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Boy Thohir: Saatnya GoTo Gojek Tokopedia Back to Basic

Komisaris Utama PT GoTo GOjek Tokopedia Tbk (GOTO) Garibaldi "Boy" Thohir mengatakan bahwa hal terpenting bagi sebuah bisnis adalah profit.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Tukang Becak Bobol Rekening BCA, OJK Ingatkan Jaga Data Pribadi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dalam menjaga kerahasiaan data pribadi, apalagi yang menyangkut data keuangan.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Penerima Bansos Bisa Ikut Program Kartu Prakerja Skema Normal

Menurut Denni, program Kartu Prakerja skema normal artinya program ini tak lagi bersifat semi-bansos seperti yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Tiket Haji Mahal, Garuda Indonesia Siap Nego

Direktur Utama maskapai Garuda Indonesia Irfan Setiaputra bersedia melakukan negosiasi dengan DPR untuk menurunkan tiket haji.

EKONOMI | 27 Januari 2023

BI: KIS Jadi Kunci Hadapi Tantangan Ekonomi Global, Apa Itu?

Perry menegaskan pentingnya strategi KIS, yaitu konsistensi, inovasi, dan sinergi, dalam menyusun berbagai kebijakan.

EKONOMI | 27 Januari 2023

BUMN Buka Akses Pasar Berkelanjutan UMKM

Kementerian BUMN akan terus membuka akses pasar bekelanjutan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Bank Indonesia: Penguatan Rupiah Ditopang Fundamental Ekonomi yang Baik

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan, penguatan nilai tukar rupiah ditopang oleh prospek ekonomi Indonesia yang semakin membaik

EKONOMI | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Pleidoi Ferdy Sambo


# Serial Killer


# RUU Kesehatan


# Insiden Lion Air


# Biaya Haji 2023


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Alasan Dituntut Ringan 2 Tahun, Chuck Putranto Sopan dalam Memberikan Kesaksian

Alasan Dituntut Ringan 2 Tahun, Chuck Putranto Sopan dalam Memberikan Kesaksian

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE