Kadin Fokus Wujudkan Perekonomian Berkeadilan

Kadin Fokus Wujudkan Perekonomian Berkeadilan
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi ( Foto: Antara/Sigid Kurniawan )
Novy Lumanauw / WBP Kamis, 28 November 2019 | 19:56 WIB

Nusa Dua, Beritasatu.com – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Perkasa Roeslani mengungkapkan bahwa pada tahun 2020, Kadin akan fokus pada pelaksanaan program untuk mewujudkan perekonomian yang berkeadilan dan transformasi ekonomi.

Rosan menyebutkan, program utama yang akan dilaksanakan adalah meningkatkan ekspor, mendorong pertumbuhan industri yang berdaya saing, menciptakan lapangan kerja, dan human capital. “Program Kerja Tahun 2020, pada dasarnya berupa Program Kerja Umum Kadin Indonesia periode 2015-2020 sebagai kerangka dasar tetap valid, kecuali perlu penyesuaian-penyesuaian karena perkembangan ekonomi nasional dan internasional beserta tantangan-tantangan dan permasalahannya,” kata Rosan Perkasa Roeslani pada Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin 2019 di Nusa Dua, Bali, Kamis (28/11).

Ia mengatakan, Rapimnas 2019 pada dasarnya masih bisa mempertahankan kerangka Program Kerja Umum Periode 2015-2020, yang terdiri atas 6 program utama, ditambah kegiatan-kegiatan baru ke dalam Program Kerja Kadin Indonesia Tahun 2020, seperti Program Peningkatan Ekspor.

Sementara terkait pemberdaaan daerah, tahun depan Kadin akan menyelenggarakan program Membership Management System (MMS), melanjutkan kerja sama dengan Kementerian Pertanian dan Perum Bulog, mempersiapkan penyelenggaraan Musyawarah Nasional (Munas) VIII Tahun 2020, serta memantapkan Sekretariat Kadin, termasuk Perbaikan ISO dan Pengembangan website Kadin.

“Kadin Indonesia semakin mampu menghadapi tantangan-tantangan dan memanfaatkan peluang dalam perannya sebagai payung organisasi dunia usaha serta menjadi mitra kritis pemerintah dalam melaksanakan visi, misi dan programnya. Saya berharap Kadin Indonesia ke depan dapat mewujudkan cita-citanya menciptakan kemandirian ekonomi bangsa yang menyejahterahkan rakyat,” kata Rosan Perkasa Roeslani.



Sumber: Investor Daily