Pengembangan Digital UMKM Menuju Industri 4.0

Pengembangan Digital UMKM Menuju Industri 4.0
Pertemuan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan Direktur Shopee Indonesia Handika Jahja di Istana Wakil Presiden, Rabu 20 November 2019.
Jayanty Nada Shofa / JNS Sabtu, 7 Desember 2019 | 07:04 WIB

JAKARTA, Beritasatu.com - Untuk mewujudkan "Digital Energy of Asia", pemerintah berencana untuk mempersiapkan para UMKM Indonesia secara digital terutama dengan adanya industri 4.0.

Keikutsertaan UMKM di era digital saat ini sudah menjadi agenda utama pemerintah. Hal ini dikarenakan 60 persen dari PDB negara berasal dari sektor ini. Di saat yang sama, pemerintah juga menyoroti UMKM syariah dengan meningkatnya pasar syariah di kalangan masyarakat.

Hal ini terlihat dari berbagai program-program seperti "Santripreneur" atau keikutsertaan para santri pesantren dalam program pelatihan kewirausahaan.

Agar para UMKM ini terlibat dalam era digital, penting bagi pemerintah untuk bekerjasama dengan e-commerce.

Adapun e-commerce Indonesia memiliki pertumbuhan yang sangat tinggi sebesar 78 persen per tahunnya, sehingga dapat memberikan kesempatan emas bagi para UMKM. Dengan dapat diakses secara daring, penjualan mereka juga dapat meningkat karena dapat diakses dengan mudah.

Hingga saat ini, beberapa inisiatif telah diluncurkan oleh para e-commerce di Indonesia agar mengikutsertakan para UMKM ini termasuk UMKM syariah ke dalam rencana pemerintah "Digital Energy of Asia".

Salah satunya adalah Shopee yang meluncurkan "Shopee Barokah" sebagai sebuah kanal untuk produk lifestyle Muslim maupun zakat. Online marketplace ini juga turut aktif dalam memberikan pembinaan kewirausahaan maupun digital bagi para pelaku UMKM ini. Dengan "Dari Lokal ke Global", mereka dapat dengan mudahnya mengakses pasar yang lebih luas dengan mengekspor ke Singapura dan Malaysia.

Karena keaktifan mereka dalam mengembangkan para UMKM ini, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengajak direktur Shopee Indonesia, Handika Jahja, untuk bertemu di Kantor Wakil Presiden RI, Rabu (20/11/2019).

"Kami menyambut baik upaya pelaku e-commerce seperti Shopee yang turut mendukung percepatan ekonomi umat dan keuangan syariah di Indonesia. Kami berharap ke depannya upaya ini bisa terus dilakukan secara berkelanjutan. Melalui pertemuan hari ini, pemerintah akan selalu mendukung pihak yang mengedepankan kemajuan pelaku UMKM di dalam negeri, terutama untuk mendorong kegiatan ekonomi dan pembangunan," ujar Ma'ruf Amin.

Handika Jahja juga menambahkan bahwa pihaknya akan terus berkomitmen mengembangkan pasar UMKM dengan berbagai inisiatif. Di antaranya, baik untuk meningkatkan digital literacy (kemelekan digital) atau dengan berbagai event seperti Birthday Sale 12.12 yang dapat memberikan kesempatan bagi para UMKM ini agar lebih berkembang.



Sumber: PR