Kue Kering Gaplek Wonogiri Makin Banyak Peminat

Kue Kering Gaplek Wonogiri Makin Banyak Peminat
Roti dan kue kering yang diolah dari gaplek. ( Foto: Ist )
Heriyanto / HS Sabtu, 7 Desember 2019 | 12:44 WIB

Bogor, Beritasatu.com – Singkong bisa diolah menjadi berbagai produk turunan dan kuliner. Kreasi yang dikombinasikan dengan kearifan lokal membuat pangan lokal tersebut banyak dilirik.

Salah satu produk turunan yang mulai banyak diminati adalah Roti Gaplek Inagiri asal Wonogiri, Jawa Tengah. Animo yang tinggi pada kue kering tersebut bisa dilihat pada sebuah gerai di Bandara Ahmad Yani, Semarang. Sejak difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo, roti gaplek bersama beberapa produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lainnya mulai dijual di kawasan bandara internasional itu.

“Peminat roti gaplek cukup banyak dari para penumpang yang datang dan mau bepergian karena bisa dijadikan sebagai oleh-oleh,” ujar salah seorang penjaga gerai baru-baru ini kepada SP.

Selain praktis, roti gaplek ini juga menarik perhatian dari para calon pembeli. Biasanya gaplek dinilai sebagai makanan tradisional yang hanya dikonsumsi masyarakat pedesaan. Di sisi lain, gaplek juga diolah menjadi pakan ternak yang banyak dicari industri pakan.

Dari informasi yang dikumpulkan, roti gaplek ini sudah dikembangkan Yadi, warga Dusun Sabuk, Desa Gunungsari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Pengusaha roti rumah tangga itu tergugah untuk meningkatkan nilai jual singkong. Diawali dengan membuat kue kering berbahan dasar tepung tapioka 40% dan tepung terigu 60% pada tahun 2014.

Seperti diberitakan sejumlah media, Yadi menggagas membuat kue kering berbahan dasar 100% tepung singkong yang difermentasi dan terciptalah produk kue kering yang diberi merek Roti Gaplek Inagiri.

Adapun keunggulan dari produk roti gaplek ini adalah bebas gluten yang merupakan senyawa protein dan pati dalam gandum. Beberapa kalangan berupaya menghindari gluten karena bisa menyebabkan gangguan pada metabolisme dan penyerapan nutrisi-nutrisi penting lainnya.

Saat ini pemasaran produk Roti Gaplek Inagiri telah merambah ke pasar nasional dengan menawarkan 4 varian yaitu rasa kayu manis, brownies mocaf mete, coklat mete, dan coklat jahe. Harga jualnya per kemasan Rp 18.000. Produk Inagiri juga pernah mengikuti sejumlah festival atau pameran di dalam dan luar negeri.



Sumber: Suara Pembaruan