Logo BeritaSatu

Kue Kering Gaplek Wonogiri Makin Banyak Peminat

Sabtu, 7 Desember 2019 | 12:44 WIB
Oleh : Heriyanto / HS

Bogor, Beritasatu.com – Singkong bisa diolah menjadi berbagai produk turunan dan kuliner. Kreasi yang dikombinasikan dengan kearifan lokal membuat pangan lokal tersebut banyak dilirik.

Salah satu produk turunan yang mulai banyak diminati adalah Roti Gaplek Inagiri asal Wonogiri, Jawa Tengah. Animo yang tinggi pada kue kering tersebut bisa dilihat pada sebuah gerai di Bandara Ahmad Yani, Semarang. Sejak difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo, roti gaplek bersama beberapa produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lainnya mulai dijual di kawasan bandara internasional itu.

“Peminat roti gaplek cukup banyak dari para penumpang yang datang dan mau bepergian karena bisa dijadikan sebagai oleh-oleh,” ujar salah seorang penjaga gerai baru-baru ini kepada SP.

Selain praktis, roti gaplek ini juga menarik perhatian dari para calon pembeli. Biasanya gaplek dinilai sebagai makanan tradisional yang hanya dikonsumsi masyarakat pedesaan. Di sisi lain, gaplek juga diolah menjadi pakan ternak yang banyak dicari industri pakan.

Dari informasi yang dikumpulkan, roti gaplek ini sudah dikembangkan Yadi, warga Dusun Sabuk, Desa Gunungsari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Pengusaha roti rumah tangga itu tergugah untuk meningkatkan nilai jual singkong. Diawali dengan membuat kue kering berbahan dasar tepung tapioka 40% dan tepung terigu 60% pada tahun 2014.

Seperti diberitakan sejumlah media, Yadi menggagas membuat kue kering berbahan dasar 100% tepung singkong yang difermentasi dan terciptalah produk kue kering yang diberi merek Roti Gaplek Inagiri.

Adapun keunggulan dari produk roti gaplek ini adalah bebas gluten yang merupakan senyawa protein dan pati dalam gandum. Beberapa kalangan berupaya menghindari gluten karena bisa menyebabkan gangguan pada metabolisme dan penyerapan nutrisi-nutrisi penting lainnya.

Saat ini pemasaran produk Roti Gaplek Inagiri telah merambah ke pasar nasional dengan menawarkan 4 varian yaitu rasa kayu manis, brownies mocaf mete, coklat mete, dan coklat jahe. Harga jualnya per kemasan Rp 18.000. Produk Inagiri juga pernah mengikuti sejumlah festival atau pameran di dalam dan luar negeri.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Cegah Social Engineering, Jangan Asal Klik Link dan Install Aplikasi

Dengan maraknya social engineering, masyarakat diimbau untuk waspada terhadap informasi menyesatkan yang datang dari sumber tidak resmi perbankan.

EKONOMI | 29 September 2022

Aset Industri Pembiayaan Naik 4,5% Sejalan Penguatan Laba

OJK mencatat hingga semester I 2022 pertumbuhan aset industri pembiayaan (multifinance) 4,5% secara tahunan (year on year/yoy).

EKONOMI | 29 September 2022

IHSG Berpeluang Rebound, Intip Rekomendasi Saham Pilihannya

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) berpeluang rebound (menguat) pada perdagangan Kamis (29/9/2022).

EKONOMI | 29 September 2022

Tarif Penyeberangan Kelas Ekonomi Naik, Ini Perinciannya

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menetapkan regulasi penyesuaian tarif penyeberangan pada 23 lintas penyeberangan dengan penyesuaian sebesar 11%.

EKONOMI | 29 September 2022

Grant Thornton Indonesia Beberkan 3 Tips Hadapi Inflasi Bagi Milenial

Selain tingginya pengeluaran rutin pokok bulan, milenial Indonesia juga harus berjuang untuk menyiasati inflasi gaya hidup.

EKONOMI | 29 September 2022

Harga Emas di Zona Positif Terbantu Pelemahan Dolar

Harga emas di pasar spot naik 2% menjadi US$1.660,62 per ons setelah turun ke level terendah sejak April 2020 pada hari sebelumnya.

EKONOMI | 29 September 2022

Harga Minyak Menguat karena Penurunan Persediaan AS

Harga minyak naik pada perdagangan Rabu (28/9/2022) menyusul penurunan tak terduga stok minyak mentah dan bahan bakar AS.

EKONOMI | 29 September 2022

Konservasi Energi, SBI Pabrik Cilacap Raih Award Global

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) pabrik Cilacap, unit usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) meraih penghargaan ASEAN Energy Awards (AEA).

EKONOMI | 29 September 2022

Bursa AS Rebound, Dow Jones Hentikan Penurunan 6 Hari

Dow Jones Industrial Average naik 548,75 poin, atau 1,88%, menjadi 29.683,74 dari level terendahnya pada 2022.

EKONOMI | 29 September 2022

Begini Langkah BUMN untuk Waskita, WIKA, dan PP Properti

Injeksi modal itu ditujukan agar Waskita dapat menuntaskan sekitar 12-14 jalan tol yang sebagian besar sudah didivestasi.

EKONOMI | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kepala WTO Undur Jadwal Pembahasan Topik Sulit ke Awal 2024

Kepala WTO Undur Jadwal Pembahasan Topik Sulit ke Awal 2024

NEWS | 27 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings