Libur Akhir Tahun, Trafik Data XL Axiata Diprediksi Naik 15%

Libur Akhir Tahun, Trafik Data XL Axiata Diprediksi Naik 15%
eknisi XL Axiata sedang melakukan perawatan jaringan di salah satu BTS yang terletak di desa Nawangkewa, kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur guna memastikan kesiapan jaringan XL Axiata untuk menghadapi libur Panjang Natal dan Tahun Baru. (Foto: Beritasatu.com / Dok. XL Axiata)
Herman / FER Selasa, 10 Desember 2019 | 22:58 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Guna menghadapi masa libur panjang di akhir 2019 ini, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan telekomunikasi dan data. Persiapan jaringan antara lain peningkatan kapasitas hingga dua kali dari hari normal, optimisasi di area-area tujuan wisata dan sepanjang jalur transportasi darat di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga persiapan untuk melakukan rekayasa jaringan jika terjadi kepadatan trafik di suatu lokasi.

Industri Content Provider Lokal Perlu Didorong

Termasuk dalam persiapan ini, pengerahan sekitar 30 unit Mobile BTS (MBTS) di berbagai lokasi yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik.

Pelaksana tugas (Plt) Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan, persiapan khusus sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari. Pasalnya selain Lebaran, libur panjang akhir tahun dari mulai Natal hingga Tahun Baru adalah momen di mana trafik selalu mengalami peningkatan yang signifikan.

"Untuk liburan nanti, kami memprediksi akan terjadi kenaikan trafik sekitar 15 persen di layanan data, dengan layanan streaming video atau musik, instant messenger, gim, dan media sosial akan mendominasi. Akses ke peta digital seperti Google Map dan Waze juga kemungkinan akan mengalami peningkatan," kata I Gede Darmayusa dalam keterangan resminya yang diterima Beritasatu.com, Selasa (10/12/2019).

Pendapatan XL Axiata Tumbuh 11%

Gede menambahkan, persiapan jaringan lainnya adalah berupa pengaturan trafik internet ke arah upstream arah Malaysia dan Australia menjadi 1,5x dan menggunakan 2 exchange Singapura dan Australia. Selanjutnya, tim XL Axiata juga telah mengidentifikasi sedikitnya 300 titik lokasi yang diperkirakan akan menjadi pusat mobilitas pemudik, antara lain bandar udara, terminal, pelabuhan penyeberangan, stasiun kereta, hingga rest area di sepanjang jalan tol Jawa dan Sumatera. Selain itu juga lokasi tujuan wisata, pusat perbelanjaan, hingga tempat ibadah terutama Gereja terkait perayaan Natal.

Berdasarkan data trafik tahun-tahun sebelumnya, tim XL Axiata juga sudah mengidentifikasi kota-kota yang rawan dengan lonjakan trafik. Kota-kota tersebut terutama yang berada di jalur utama mudik, seperti Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, hingga Surabaya dan Malang. Selain itu juga Merak, Bandar Lampung, hingga Palembang di jalur Jawa ke Sumatera.

Untuk itu, XL Axiata sudah menyiapkan rekayasa pengalihan atau pemecahan trafik jika terjadi kepadatan di suatu area. Dengan demikian, lonjakan trafik di suatu lokasi tidak akan menyebabkan congestion yang bisa menurunkan kualitas layanan kepada pelanggan.

Pada tahun lalu, libur panjang akhir tahun telah meningkatkan penggunaan layanan telekomunikasi dan data yang cukup signifikan. Dari jenis layanan, kenaikan trafik tertinggi ada pada akses ke layanan Instant Messaging, yaitu meningkat lebih dari 500% dibandingkan hari-hari biasa.

Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak 55,5 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 129.261 BTS termasuk lebih dari 53.000 BTS 3G dan lebih dari 39.000 BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 410 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia.



Sumber: BeritaSatu.com