The Fed Indikasikan Suku Bunga Bakal Tetap Sepanjang 2020

The Fed Indikasikan Suku Bunga Bakal Tetap Sepanjang 2020
Gubernur Bank Sentral AS (Federal Reserve) Jerome Powell ( Foto: Istimewa )
Faisal Maliki Baskoro / FMB Kamis, 12 Desember 2019 | 09:01 WIB

Beritasatu.com - Bank sentral Amerika Serikat (the Fed) menahan suku bunga dan mengindikasikan tidak akan menaikkan suku bunga di tahun 2020, yang juga merupakan tahun politik karena bertepatan dengan pemilu.

Sepanjang tahun 2019, the Fed telah memangkas suku bunga acuan sebanyak tiga kali. Setelah rapat dua hari yang berakhir Rabu (11/12/2019) waktu setempat, the Federal Open Market Committee akhirnya memutuskan menahan suku bunga di kisaran 1,5-1,7 persen, sesuai dengan ekspektasi pasar.

Dalam pernyataannya, kebijakan moneter diperkirakan akan tetap sama untuk periode yang tidak ditentukan, tetapi pejabat the Fed akan tetap memantau perkembangan keadaan. Keputusan menahan suku bunga diambil secara mutlak.

"Komite menilai posisi kebijakan moneter saat ini sudah sesuai dengan perkembangan aktivitas ekonomi, pasar tenaga kerja yang kuat, dan inflasi yang terjaga di kisaran simetris 2 persen," demikian bunyi pernyataan the Fed.

Dalam konferensi pers Rabu, Gubernur the Fed Jerome Powell mengatakan dirinya akan membiarkan inflasi naik dan bertahan di atas target the fed sebelum mempertimbangkan kenaikan suku bunga.

The Fed menetapkan proyeksi pertumbuhan ekonomi AS di 2020 sebesar 2 persen, dengan 3,5 persen tingkat pengangguran dan inflasi (Personal Consumption Expenditure/PCE rate) di angka 1,9 persen.



Sumber: Bloomberg, CNBC