Peruri Kembangkan Produk dan Jasa Berbasis Digital

Peruri Kembangkan Produk dan Jasa Berbasis Digital
Direktur Utama Perum Peruri, Dwina Septiani Wijaya. ( Foto: istimewa )
Bernadus Wijayaka / BW Rabu, 18 Desember 2019 | 18:35 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Memulai usahanya sebagai perusahaan percetakan uang negara dan surat berharga bernilai sekuriti tinggi, Perum Peruri kini tengah menggalakan pengembangan dan pemasaran produk berbasis digital.

Menurut Direktur Utama Perum Peruri, Dwina Septiani Wijaya, dalam era globalisasi, teknologi informasi telah menjadi bagian dalam setiap sendi kehidupan masyarakat.

Suatu sistem pengelolaan informasi yang transparan, real time, serta memiliki fitur sekuriti tinggi, bertujuan untuk melindungi suatu produk atau data dari pemalsuan.

Hal itu menjadi suatu kebutuhan dasar bagi perusahaan. Tujuannya, menjamin keaslian data (authentication) dan jaminan nirsangkal (non-repudiation) dari suatu dokumen elektronik, sehingga dapat diketahui keabsahan dan keasliannya.

“Penerapan Peruri Sign dalam aplikasi tanda tangan elektronik (digital signature) sudah menjadi kebutuhan dasar perusahaan-perusahaan di dunia, termasuk di Indonesia,” tambah Nana, dalam keterangan tertulis, Rabu (18/12/2019).

Adapun produk Peruri lainnya, yaitu Peruri Trust merupakan platform untuk melakukan end-to-end monitoring pada proses produksi, distribusi hingga diterima konsumen. Sehingga, dapat dipastikan barang tersebut tidak mengalami perubahan dan dijamin keasliannya.

Manfaat produk sekuriti Peruri Trust adalah mampu mengelola semua informasi dari suatu barang yang disimpan dan dikeluarkan hingga barang tersebut disahkan. Peruri Trust memiliki beberapa produk sekuriti, seperti track and trace, digital locker, dan penjaminan online.

“Guna mengantisipasi kompetisi bisnis yang makin kompetitif di bidang digital sekuriti, Peruri yang berpengalaman dalam bidang pengamanan dokumen sekuriti milik negara akan terus melakukan inisiasi transformasi bisnis ke arah digital security platform (DSP),” tegas Nana.

Sebelumnya, sejumlah pengguna layanan jasa dan produk Peruri hadir dalam Peruri Customer Gathering 2019 di kawasan M Bloc, Jakarta.

Beberapa perusahaan yang hadir berasal dari institusi pemerintah, badan usaha milik negara (BUMN), bank nasional dan swasta, perusahaan swasta nasional, serta universitas negeri dan swasta.



Sumber: Suara Pembaruan