BI: Devisa Hasil Ekspor Oktober 2019 Capai US$12 Miliar

BI: Devisa Hasil Ekspor Oktober 2019 Capai US$12 Miliar
Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti ( Foto: Beritasatu TV )
Aichi Halik / AHL Jumat, 27 Desember 2019 | 21:23 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti mengatakan, total Devisa Hasil Ekspor (DHE) bulan Oktober 2019 mencapai US$12 miliar.

Perolehan tersebut diperoleh dari 80 persen data dan dokumen eksportir yang telah dikaji BI.

"Tingkat kepatuhan (compliance) juga terbilang baik karena laporan ini mencakup sekitar 90 persen dari perusahaan yang ada," kata Destry kepada pers di Kantor Dirjen Bea dan Cukai, Jakarta, Jumat (27/12/2019).

Menurut Destry, belum semua devisa yang dihasilkan dikonversikan ke mata uang rupiah. Masih banyak eksportir yang belum mengonversi devisa yang mereka dapat ke mata uang rupiah karena faktor kebutuhan.

"Kami memahami bahwa ada beberapa eksportir yang masih membutuhkan dolar untuk membiayai impor mereka," jelas Destry.

Destry menambahkan, sebanyak 95 persen dari DHE itu masuk ke dalam bank domestik. Ini dinilai sebagai hal positif karena banyaknya devisa yang berada di bank domestik akan menambah suplai devisa di pasar dalam negeri.

"Sekitar 95 persen dari devisa itu masuk ke bank domestik. Bahkan di bulan Oktober, compliancenya lebih tinggi dibandingkan di bulan September," ujar Destry.

Melimpahnya DHE pada bank domestik, lanjut Destry, juga berdampak pada nilai mata uang. Menurutnya, hal ini diperlukan Indonesia agar nilai mata uang Rupiah tetap stabil.



Sumber: BeritaSatu TV