Logo BeritaSatu

Inuki Berencana Perluas Pasar ke Amerika Latin dan Karibia

Minggu, 12 Januari 2020 | 23:19 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - PT Industri Nuklir Indonesia (Persero) atau Inuki, hadir sebagai salah satu nara sumber memenuhi undangan Kementrian Luar Negeri (Kemlu) Dirjen Amerika dan Eropa, dalam acara 'Pertemuan Kepala Perwakilan RI Kawasan Amerika Latin dan Karibia' di Ruang VIP Kantin Diplomatik, Kemlu, di Jakarta, Sabtu (11/1/2020). Selain Inuki, hadir juga perwakilan dari Peruri, Barata, Inka, Dexa, dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin).

Baca Juga: Batan Buktikan Kemampuan Kelola Nuklir

Advertisement

Direktur Produksi Inuki, Bunjamin Noor, tampil sebagai nara sumber dan memaparkan sejumlah keunggulan Inuki di depan para duta besar dan perwakilan RI kawasan Amerika Latin dan Karibia.

"Inuki memiliki visi menjadikan industri nuklir berkelas dunia yang tumbuh dan berkembang secara bekelanjutan, sekaligus memberikan manfaat dan nilai tambah kepada semua pihak. Inuki juga terus menerus memperkuat kapasitas dan kapabilitas bisnis sehingga produk yang dihasilkan memiliki daya saing di pasar global,” ujar Bunjamin dalam keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, di Jakarta, Minggu (12/1/2020).

Baca Juga: Inuki Dorong Pengembangan Layanan Pet Scan

Bunjamin menerangkan, fokus bisnis Inuki saat ini adalah di bidang radioisotop/radiofarmaka, elemen bahan bakar nuklir reaktor riset dan jasa teknik.

"Kami berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dengan Amerika Latin dan Karibia melalui FEALAC, CARICOM dan Pacific Alliance,” ujar Bunjamin Noor.

Lebih lanjut, Bunjamin memaparkan, pengembangan pasar ekspor Inuki yang sudah sampai ke Kolombia. Sementara, ekspor Inuki di Asia sudah sampai ke Tiongkok, Jepang, Malaysia, Vietnam, Bangladesh, dan India.

"Rencana pasar ekspor ke depan akan sampai ke Kolombia, Meksiko, Cile, Peru dan lainnya. Untuk Kolumbia sendiri, Inuki sudah langsung melakukan kunjungan ke Kedubes Kolombia pada Desember 2019 lalu dan diterima langsung Duta Besar Kolombia, Juan Camilo Valencia," jelas Bunjamin Noor.

Baca Juga: UGM Kembangkan Baterai Nuklir

Dalam pertemuan itu, lanjut Bunjamin, Dubes Kolombia secara terbuka menyatakan negaranya tertarik pada produk Inuki yaitu produk radioisotiop dan radiofarmaka. "Tentu saja, ini langkah awal yang baik untuk masuk ke pasar Kolombia dan agar Inuki mampu bersaing dengan baik,” tandas Bunjamin.

Usai Bunjamin menyampaikan pemaparannya, sejumlah kepala perwakilan RI kawasan Amerika Latin dan Karibia pun menanggapi positif.

Dubes RI untuk Kolombia, Priyo Iswanto, menyatakan, sangat senang Inuki bisa masuk ke Kolombia dan diharapkan Inuki bisa memberikan informasi ke KBRI Kolombia agar pihaknya bisa ikut mengamankan.

Sementara Dubes RI Untuk Venezuela, M Luthfie Witto'eng, berharap Inuki bisa secepatnya menyampaikan proposal kerja sama dan pihaknya akan siap membantu.

Sama halnya dengan Dubes RI untuk Argentina, Niniek Kun Naryati, yang menyatakan kalau Argentina juga punya BUMN di bidang Nuklir (Infa).

"Tolong segera disampaikan kerja sama join sales untuk dry freeze buah-buahan. Kami KBRI di Argentina akan siap memfasilitasi," kata Niniek.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini yang Perlu Dilakukan Pemerintah untuk Capai Target PDB

Pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi tahun ini bisa mencapai angka 5,3% ditopang konsumsi, investasi, dan ekspor.

EKONOMI | 27 Januari 2023

PDB AS Tumbuh 2,9% Dorong Wall Street Menguat

Wall Street naik pada Kamis (26/1/2023). Produk domestik bruto AS kuartal keempat menguat 2,9%, di atas ekspektasi pasar.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Green Tech Genjot Produksi Motor Listrik Tanah Air

Green Tech mampu memproduksi sebanyak 1.000 unit per hari, atau kira-kira sekitar 300.000 sampai 400.000 per tahun.

EKONOMI | 26 Januari 2023

Berdayakan Startup Digital, Telkomsel Hadirkan NextDev Academy

Telkomsel menghadirkan program pengembangan startup digital NextDev Academy ke-8 untuk membuka peluang perkembangan ekosistem pemberdayaan startup digital.

EKONOMI | 26 Januari 2023

Sri Mulyani: Anggaran Covid-19 Bisa Bangun 2 IKN

Sri Mulyani Indrawati mengatakan anggaran penanganan Covid-19 diperkirakan bisa digunakan untuk membangun dua ibu kota negara (IKN).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Pengamat: Perppu Cipta Kerja Bawa Indonesia Siap Hadapi Tantangan Global

Pengamat kebijakan publik Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah menilai Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) No. 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja

EKONOMI | 26 Januari 2023

Rupiah Hari Ini 26 Januari 2023 Ditutup Menguat ke Rp 14.947

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hari ini Kamis (26/1/2023) ditutup menguat dibandingkan posisi kemarin.

EKONOMI | 26 Januari 2023

IHSG Hari Ini 26 Januari 2023 Ditutup Naik Jadi 6.864

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada penutupan perdagangan hari ini Kamis (26/1/2023) naik 34,8 poin (0,51%) ke level 6.864.

EKONOMI | 26 Januari 2023

Totalindo Bangun Hotel Soll Marina Alam Sutera Rp 75 Miliar

PT Totalindo Eka Persada Tbk (TOPS) melaksanakan pembangunan kantor dan Hotel Soll Marina Alam Sutera.

EKONOMI | 26 Januari 2023

Defisit APBN 2,38%, Airlangga: Konsolidasi Fiskal Berjalan Cepat

Airlangga Hartarto mengatakan konsolidasi fiskal berjalan lebih cepat dari perkiraan pemerintah yang terlihat dari defisit APBN 2022 2,8%.

EKONOMI | 26 Januari 2023


TAG POPULER

# Pleidoi Ferdy Sambo


# Serial Killer


# RUU Kesehatan


# Insiden Lion Air


# Biaya Haji 2023


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
CEO Toyota Motor Mundur dari Jabatannya

CEO Toyota Motor Mundur dari Jabatannya

OTOMOTIF | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE